Ketahui Fakta Ini Sebelum Anda Menggunakan Layanan Negosiator Pinjaman Utang Online

  Meminjam uang semakin mudah berkat hadirnya fintech peer to peer lending atau fintech pinjol (pinjaman online). Secara umum, kehadiran fintech loan berperan positif dalam membantu kebutuhan finansial yang sifatnya mendesak/mendadak (urgent). Sangat praktis dan dana cepat cair, cukup dengan syarat KTP saja sudah bisa pinjam uang lewat aplikasi pinjol.

Namun, di sisi lain, pinjaman ini dapat merugikan jika peminjam menjadi kecanduan meminjam uang tanpa menyadari risikonya. Misalnya pinjam uang banyak pinjaman online sekaligus, bahkan dari kabar yang beredar ada yang mengaku punya pinjaman di 9 fintech pinjol dan tidak mampu membayar.

Seperti menggali lubang untuk menutup lubang, meminjam uang di pinjol A untuk melunasi hutang di pinjol B, dan sebagainya. Hal ini hanya akan membuat utang menumpuk dan akhirnya diincar oleh jasa negosiator utang pinjaman online untuk menggunakan jasanya.

Anda Bingung Mencari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Perhatikan solusinya!

Jasa Negosiator Hutang

Bagi peminjam online, jasa negosiator utang tentu sudah tidak asing lagi di dengar. Jasa Negosiator Hutang adalah perusahaan/lembaga yang menawarkan layanan berbayar untuk mengelola hutang yang dimiliki seseorang pada satu atau beberapa fintech loan.

Layanan yang ditawarkan mulai dari negosiasi utang dengan perusahaan pemberi pinjaman, negosiasi dengan debt collector, restrukturisasi utang seperti penghapusan denda pinjaman dari utang, hingga membantu proses mediasi antara peminjam dan fintech pinjaman online untuk meminta keringanan angsuran dan sebagainya. peminjam.

Namun ada hal yang perlu Anda ketahui fakta tentang jasa debt negotiator sebelum Anda setuju untuk menggunakannya.

1. Layanan Negosiator Tidak Dapat Menghapus Utang Anda

Jika Anda berniat menggunakan jasa debt negotiator untuk mengelola utang Anda di fintech loan maka Anda harus memahami bahwa mereka (para perunding kredit) hanya akan membantu bernegosiasi untuk tujuan restrukturisasi utang dan TIDAK BISA MENGHAPUS UTANG ONLINE.

Anda tidak boleh tertipu jika ada tawaran jasa pihak ketiga untuk melunasi hutang Anda dengan embel-embel mereka bisa menghilangkan hutang Anda hanya dengan membayar ribuan/juta rupiah di muka.

Hati-hati! Agar Anda tidak rugi lebih, Anda harus memahami bahwa layanan yang ditawarkan adalah layanan untuk membantu negosiasi penyelesaian utang dan hanya berfungsi sebagai perwakilan Anda untuk berkomunikasi dengan perusahaan pemberi pinjaman online. Adapun untuk kedepannya tentunya diharapkan ada kesepakatan yang baik antara fintech pinjaman dengan negosiator atas hutang anda, hanya saja tidak ada jaminan yang pasti untuk hal ini.

2. Biaya Jasa Negosiator Pinjol Tidak Murah

Layanan penyelesaian hutang terbatas, seolah-olah Anda memiliki pengacara khusus yang tugasnya mengurus hutang online Anda. Tentu saja jasa pengacara tidak gratis! Seperti halnya jasa negosiator utang (lawyer), ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengurus masalah utang Anda. Misalnya, biaya pendaftaran/operasional, biaya pengacara (laywer sebagai negosiator).

Jadi berapa biayanya? Tentu saja hal ini bervariasi tergantung harga yang ditentukan oleh perusahaan/lembaga perunding utang. Ada perusahaan yang menetapkan biaya pendaftaran/administrasi mulai dari Rp 100.000, biaya negosiator (jasa pengacara) biasanya persentase, seperti mulai dari 15% dari pokok utang yang Anda miliki.

Tentunya Anda juga harus memahami dan berhati-hati saat menggunakan jasa mereka, ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan dan tidak ada jaminan utang Anda akan lunas.

3. Pahami Hutang Akan Terus Berjalan

Saat Anda menggunakan jasa negosiator pinjaman, biasanya negosiator akan mengklaim bisa mengurus semua masalah utang melalui pinjaman online yang Anda miliki, bahkan mungkin menyarankan Anda untuk berhenti membayar cicilan selama masa negosiasi. Waspadalah terhadap tawaran yang terkesan menggiurkan seperti ini!

Ingat ada risiko yang perlu Anda waspadai! Anda perlu memahami aturan main dalam pinjaman online bahwa jika Anda berhenti membayar tagihan, maka biaya keterlambatan dan denda bunga akan terus berjalan. Tentunya perhitungan ini akan menambah jumlah hutang yang Anda miliki jika tidak segera dilunasi.

4. Ingat Perusahaan Pinjaman Online Memiliki Hak untuk Menolak Negosiasi

Anda harus tahu bahwa perusahaan pinjaman online (fintech) yang memberikan pinjaman kepada Anda berhak untuk menolak negosiasi utang yang diajukan oleh negosiator pilihan Anda. Tidak ada jaminan bahwa negosiasi Anda akan disetujui, dan Anda akan mendapatkan keringanan utang dll. Anda berpotensi merugi karena utang terus menumpuk plus bunga dan denda, plus ada biaya yang harus dibayar untuk jasa negosiator.

5. Adanya Debt Reporting ke Credit Bureau dan PUSDAFIL (Fintech Lending Data Center)

Secara umum, fintech lending akan melaporkan data keterlambatan peminjam ke biro kredit dan PUSDAFIL (data center fintech lending). Fungsi biro perkreditan (seperti Pefindo, KBIJ (Kredit Biro Indonesia Jaya)) adalah menghimpun data perkreditan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk utang publik di fintech peer to peer lending. Nantinya, data tersebut akan digunakan oleh fintech dan bank dalam pengambilan keputusan kredit oleh nasabah.

Selain itu, OJK dan Asosiasi Fintech Reksa Dana Indonesia (AFPI) telah menyiapkan data center untuk menangani kredit pinjaman online bermasalah. Data ini nantinya akan dibagikan kepada lembaga keuangan dan perbankan nasional.

Pahami Risiko Layanan Negosiator Utang

Pertimbangkan baik-baik sebelum Anda menggunakan negosiator utang pinjaman online yang sekarang sedang berjalan lancar. Menyadari bahwa jasa yang mereka tawarkan tidak akan menghapus hutang Anda dan ada biaya yang harus Anda keluarkan lagi, jangan mudah terlena dengan rayuan yang hanya akan merugikan Anda jika tidak jeli.

Solusi terbaik untuk melunasi hutang yang belum terbayar adalah dengan segera memperbaiki tata kelola keuangan, mencari penghasilan tambahan dan menabung untuk sementara waktu agar dapat melunasi hutang. Solusi lain, Anda bisa langsung menghubungi pemberi pinjaman online untuk membicarakan masalah utang Anda. Selama fintech loan itu bukan abal-abal, bisa dipastikan mereka siap membantu Anda memberikan keringanan utang yang wajar.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Fakta Ini Sebelum Anda Menggunakan Layanan Negosiator Pinjaman Utang Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel