Investasi Cryptocurrency: Pelajari Ini untuk Mendapatkan Pengembalian Tinggi

  Mereka yang menjelajah ke dunia investasi mungkin akrab dengan investasi cryptocurrency. Adanya crypto atau mata uang digital memberikan pilihan lain bagi setiap orang yang ingin berinvestasi dengan cara yang berbeda.

Seperti kebanyakan mata uang, cryptocurrency dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Tapi itu hanya bisa dilakukan secara virtual. Seperti namanya, mata uang digital ini tidak digunakan sebagai alat pembayaran fisik karena hanya bisa digunakan di dunia digital.

Di sini, Qoala akan memberikan informasi terperinci tentang cryptocurrency termasuk cara berinvestasi ke contoh cryptocurrency. Qoala juga akan membahas tentang investasi cryptocurrency terbaik dan terpercaya di tahun 2020 hingga 2021. Jadi, jika kamu mulai tertarik dengan hasil yang diberikan cryptocurrency, namun masih kekurangan informasi, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai. Hal terpenting dalam memulai investasi adalah memiliki pengetahuan yang mendalam.

Memahami Apa Itu Cryptocurrency

Apa itu Cryptocurrency atau Crypto

Cryptocurrency adalah istilah yang mulai tidak asing lagi di telinga banyak orang. Penasaran apa itu kripto? Berikut penjelasannya.

A. Arti Cryptocurrency

Crypto atau cryptocurrency adalah (sumber: Wikipedia) aset mata uang digital atau virtual yang dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran yang menggunakan sekuritas kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk dipalsukan atau diduplikasi, mengontrol proses pembuatan tambahan unit, dan memverifikasi transfer aset.

B. Keamanan mata uang kripto

Apakah cryptocurrency aman? Sebagai mata uang virtual, perdagangan kripto merupakan metode investasi yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di jaringan internet. Dalam kripto, terdapat sandi kompleks yang dijamin oleh kriptografi yang akan melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Jika Anda tertarik menggunakan crypto sebagai alat pembayaran, Anda tidak bisa menggunakannya begitu saja. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan terlebih dahulu penjual atau merchant tempat Anda berbelanja menerima pembayaran dalam mata uang digital. Jadi, tidak mungkin untuk memilih crypto secara sembarangan meskipun mata uang digital ini dirancang untuk pembayaran digital.

Istilah investasi cryptocurrency merupakan gabungan dari dua kata, yaitu cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang. Meski baru populer dalam beberapa tahun terakhir, konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman perang dunia kedua.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa Jerman saat ini menggunakan kriptografi untuk mengirimkan kode rahasia agar tidak mudah dibaca oleh lawan.

C. Perbedaan Stok dan Kripto

Apa perbedaan antara investasi saham dan cryptocurrency? Berikut 10 perbedaan antara keduanya.

1. Instrumen

Jenis instrumen yang diperdagangkan di pasar modal adalah saham korporasi. Sedangkan instrumen yang digunakan di pasar kripto adalah mata uang digital, seperti Bitcoin.

2. Jenis Aset

Saat Anda membeli saham perusahaan melalui bursa saham, saham yang Anda miliki mewakili presentasi kepemilikan Anda atas perusahaan tersebut. Baik tidaknya kinerja perusahaan akan menentukan nilai saham. Sementara itu, crypto tidak selalu mewakili kepemilikan parsial dari perusahaan atau proyek yang mengeluarkannya.

3. Aspek Analisis Fundamental

Analisis fundamental saham melibatkan berbagai data yang mempengaruhi harga atau nilai suatu saham, mulai dari arus kas, pengembalian aset atau indikator yang mengukur kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan aset untuk menciptakan keuntungan, hingga gearing ratio untuk mengukur sejauh mana suatu perusahaan mendanai operasinya dengan modal pinjaman. Sedangkan dalam kripto, aspek yang dipertimbangkan adalah dasar penggunaan aset kripto, berapa banyak orang yang menggunakannya, serta tim di balik pembuatan aset tersebut.

4. Volatilitas dan Tingkat Risiko

Saham-saham di Indonesia memiliki mekanisme untuk membatasi volatilitas ketika pasar tidak dikendalikan melalui autorejection naik turun hingga perdagangan berupa penghentian sementara perdagangan yang membuat volatilitas ini lebih terjaga jika terjadi penurunan atau kenaikan drastis. Boleh dibilang, pasar saham bisa cenderung lebih stabil dan risikonya lebih rendah. Sementara itu, aset kripto tidak memiliki kendali volatilitas seperti itu sehingga dapat bergerak sesuai dengan penawaran dan permintaan, yang membuat risiko aset kripto bisa naik tinggi atau turun drastis. Pengembalian investasi yang tinggi inilah yang membuat kripto sangat rentan terhadap risiko.

5. Unit Transaksi

Pedagang saham di Indonesia minimal harus bertransaksi 1 lot atau 100 lembar, misalnya untuk harga saham Rp1.000 per saham membutuhkan modal minimal Rp100.000 per lot. Sementara itu, meski harga Bitcoin bisa mencapai ratusan juta rupiah dan Ethereum yang mencapai puluhan juta rupiah, para pedagang modal kecil tetap bisa bertransaksi dengan membeli pecahan terkecil, seperti Bitcoin dengan pecahan 8 desimal atau 1 sat.

6. Karakter Platform Perdagangan

Dalam investasi saham, pedagang dapat bertransaksi dengan menjadi nasabah surat berharga. Sedangkan untuk transaksi aset kripto dapat dilakukan oleh pedagang atau pemegang melalui pertukaran kripto ke penyimpanan kripto di aplikasi dompet.

7. Koneksi

Investasi saham biasanya dibatasi di bursa di satu negara, sebagai aturan pedagang asing yang ingin membeli saham di Indonesia harus menyesuaikan aturan di Indonesia dengan membuat rekening efek di negara tersebut. Sementara itu, aset kripto memiliki koneksi antar negara yang tidak terbatas sehingga jumlah trader yang bisa bertransaksi juga lebih banyak.

8. Biaya Transaksi

Biaya jual beli saham di bursa cenderung tinggi. Oleh karena itu, pialang saham akan membebankan biaya atau komisi, serta bank yang akan membebankan investor saat melakukan pembayaran dan keuntungan modal kena pajak. Sementara itu, biaya pertukaran aset kripto relatif lebih rendah. Misalnya, transaksi di blockchain relatif kecil karena Anda hanya perlu membayar biaya gas atau biaya kepada penambang yang memvalidasi transaksi cryptocurrency, serta mengeluarkan biaya pertukaran yang relatif lebih rendah daripada bursa saham.

9. Jam Perdagangan

Stok hanya bekerja penuh waktu Senin sampai Jumat. Sementara itu, pasar crypto beroperasi 24 jam sehari dan 365 hari setahun sehingga para pedagang dapat memantau perubahan harga cryptocurrency bahkan ketika jam menunjukkan tengah malam pada Malam Tahun Baru.

10. Badan Pengatur

Saham termasuk instrumen keuangan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan untuk kripto, Indonesia memang melegalkan kripto sebagai komoditas, tetapi bukan sebagai alat pembayaran. Regulasi cryptocurrency ada di tangan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Lalu, apa perbedaan antara mata uang digital dan mata uang konvensional yang kita gunakan sehari-hari? Jika mata uang konvensional tersentralisasi, berbeda dengan kripto atau mata uang digital yang terdesentralisasi. Dalam transaksi yang menggunakan kripto, tidak ada pihak yang bertindak sebagai perantara. Dengan demikian, pembayaran atau transaksi terjadi dari pengirim ke penerima atau yang biasa kita sebut peer-to-peer.

Perkembangan Investasi Cryptocurrency di Indonesia

Anda dapat melihat bahwa investasi cryptocurrency adalah investasi dengan peluang pengembalian yang tinggi. Namun, Anda juga harus tahu atas dasar apa Anda bisa membuat pernyataan seperti itu.

Jika Anda berbicara tentang perkembangan mata uang digital di Indonesia, maka Anda akan lebih tertarik. Mengapa? Mata uang ini unik dan memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Digital adalah istilah yang berarti cryptocurrency tidak memiliki bentuk fisik
  2. Peer-to-peer adalah istilah untuk transaksi menggunakan kripto yang dilakukan tanpa melalui perantara pihak ketiga, jadi langsung dari pembeli ke penjual
  3. Global adalah istilah yang menggambarkan bahwa transaksi dapat dilakukan secara internasional tanpa pengaruh nilai tukar mata uang
  4. Terenkripsi adalah istilah untuk transaksi yang dapat dilakukan tanpa ada yang mengetahuinya

Dilansir dari data yang dirilis Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, investor cryptocurrency di Indonesia mencapai 4,2 juta orang hingga akhir Februari 2021. Angka ini terbilang cukup fantastis bahkan jauh di atas jumlah investor saham yang hanya mencapai 2 juta. akun. Dengan demikian, manfaat cryptocurrency bagi masyarakat juga menimbulkan perhatian khusus bagi pemerintah.

Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa Pemerintah Indonesia ingin mendirikan Digital atau Crypto Currency Exchange. Yang kemudian akan menjadi sarana untuk melindungi pelaku usaha di bidang mata uang digital untuk menjamin keamanannya.

Tahun lalu, tepatnya pada bulan April, tim blockchain dari proyek Onfo melakukan eksperimen penambangan sosial di beberapa negara. Untuk melihat seberapa jauh crypto mendapatkan pengakuan dan popularitas. Selain Indonesia, ada 3 negara lain yaitu Jerman, Rusia, dan Amerika Serikat. Jika Amerika Serikat dan Jerman mewakili negara maju, Rusia dan Indonesia mewakili negara berkembang.

Dalam percobaan, crypto diberikan secara gratis kepada 100 orang dari setiap negara, di mana setiap orang menerima 10 koin. Hal yang menarik adalah semua peserta bisa mendapatkan lebih banyak koin jika berhasil menarik lebih banyak orang untuk mencoba crypto.

Berdasarkan hasil yang dihimpun, ternyata penyebaran crypto di negara berkembang jauh lebih besar, dimana baik di Indonesia maupun di Rusia penyebaran crypto 4 kali lebih cepat dibandingkan di negara maju yang ikut serta.

Spread rate di Indonesia adalah yang pertama terbesar. Seratus peserta mampu menarik sekitar 4.350 peserta lainnya. Disusul Rusia dengan 100 peserta yang mampu menarik 2.304 orang.

Ada banyak faktor yang mendukung penyebaran kripto di Indonesia, antara lain meningkatnya penggunaan smartphone, dampak dari pandemi Covid-19, dan belum adanya sistem peminjaman kredit nasional. Hal ini juga membuktikan bahwa pasar mata uang digital di Indonesia lebih matang dibandingkan 3 negara peserta lainnya.

Dasar Hukum Investasi Cryptocurrency

Pertanyaan banyak orang khususnya umat Islam yang mulai melirik investasi yang satu ini adalah apakah investasi cryptocurrency itu halal.

Sampai saat ini, mata uang digital belum menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia. Sebab, tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Gubernur Bank Indonesia atau BI, Perry Warjiyo juga mengatakan tidak ada mata uang selain rupiah.

Pasal 34 huruf a Peraturan BI 18/2016 menyebutkan bahwa mata uang virtual adalah uang digital yang diterbitkan oleh pihak selain otoritas moneter.

Seiring berjalannya waktu, keberadaan mata uang digital seperti Bitcoin mulai diterima di Indonesia. Ada kepastian hukum tentang Bitcoin di Indonesia yang diberikan oleh Kementerian Perdagangan atau Kementerian Perdagangan melalui Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Ada 4 peraturan Bappebti tentang legalitas perdagangan komoditas digital termasuk aset kripto dan emas digital, dimana peraturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Peraturan Bappebti No. 2 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka
  2. Peraturan Bappebti No. 3 Tahun 2019 Tentang Komoditas Yang Dapat Dikenakan Kontrak Berjangka
  3. Kontrak Derivatif Syariah dan/atau Kontrak Derivatif Lain yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka
  4. Peraturan Bappebti No. 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Pelaksanaan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka
  5. Peraturan Bappebti No. 5 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Teknis Pelaksanaan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Assets) Di Bursa Berjangka

Keempat peraturan ini kemudian menjadi dasar hukum dalam perdagangan cryptocurrency di Indonesia. Peraturan tersebut juga memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri emas digital di negara tercinta, Indonesia.

Meskipun mendapatkan izin dan legalitas untuk berdagang atau membeli dan menjual, tetapi crypto tidak dapat digunakan sebagai alat pertukaran. Namun, Anda tetap bisa menggunakan kripto untuk investasi, bukan?

Jenis Cryptocurrency

Untuk menemukan cryptocurrency terbaik di tahun 2021, tentunya kita juga harus mengetahui jenis cryptocurrency apa saja yang ada. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menemukan informasi terkait. Jenis kripto apa yang ingin Anda miliki atau gunakan untuk investasi?

Untuk bisa menjawab pertanyaan seperti di atas, Anda bisa lebih jauh mengidentifikasi beberapa jenis mata uang digital yang juga bisa menjadi pilihan investasi kripto jangka panjang.

1. Bitcoin

Jenis investasi Bitcoin ini telah menjadi salah satu jenis mata uang digital yang paling populer. Keberadaannya bahkan mampu menarik banyak investor. Tak heran jika Bitcoin kini menjadi jenis investasi kripto di Indonesia saat ini.

Karena pilihan cara berinvestasi Bitcoin banyak diperdagangkan, pertumbuhan nilai aset kripto yang satu ini terus meningkat. Bahkan, Bitcoin ditargetkan bisa memasuki skala perdagangan global sejak kemunculannya yang pertama. Tingginya permintaan juga disebabkan cara penggunaan Bitcoin yang cukup mudah dan praktis seperti uang digital.

Kelebihan Bitcoin

Saat mendefinisikan kelebihan dan kekurangan Bitcoin, kita dapat merepresentasikan cryptocurrency secara umum. Berikut beberapa keuntungan berinvestasi melalui Bitcoin, seperti:

  1. Cryptocurrency
  2. Perhitungan Hash Rate Bitcoin yang canggih membuat kepercayaan publik lebih terjamin dan menghindari risiko pemalsuan
  3. Dapat menekan laju inflasi
  4. Posisi yang kuat melalui pengembangan komunitas global

Kekurangan Bitcoin

  1. Meskipun hadir dengan banyak kelebihan, Bitcoin juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:
  2. Itu spekulatif, di mana nilainya akan meningkat jika banyak digunakan dan sebaliknya
  3. Bitcoin tidak mengenali pembatalan transaksi
  4. Prosesnya bersifat publik sehingga tidak ada jaminan kelalaian atau kesalahan dalam proses pengiriman
  5. Dompet perangkat keras rentan terhadap virus jika tidak dirawat dengan benar

2. Litecoin

Salah satu contoh cryptocurrency yang juga banyak diminati adalah Litecoin. Litecoin dikenal sebagai mata uang digital sejak diperkenalkan pada tahun 2011. Mata uang digital peer-to-peer ini mampu menghasilkan blok baru dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, transaksi cepat tanpa sistem komputasi yang kuat juga sangat mungkin dilakukan dengan Litecoin.

Keuntungan dari Litecoin

Seperti Bitcoin, Litecoin juga merupakan salah satu mata uang kripto hebat yang memberikan banyak keuntungan. Jadi, Anda memiliki lebih banyak alasan mengapa memilih jenis crypto ini.

  1. Datang untuk menyempurnakan Bitcoin
  2. Waktu pembuatan blok yang dikompilasi adalah sekitar 2,5 menit dan jauh lebih cepat daripada Bitcoin
  3. Algoritma penambangan lebih sederhana
  4. Dilengkapi dengan Saksi Terpisah untuk transaksi koin yang lebih cepat dengan biaya lebih rendah
  5. Adanya fitur Atom Swap memudahkan pemilik crypto coin untuk menggunakan Litecoin dalam bertransaksi tanpa platform khusus

kekurangan litecoin

Sayangnya, Litecoin juga hadir dengan beberapa kelemahan yang tidak dapat disangkal, seperti:

  1. Ada risiko jika tidak ada minat di pasar
  2. Penambangan atau penambangan mudah dapat menyebabkan akumulasi saham Litecoin
  3. Penurunan inflasi bisa terjadi secara drastis

3. Dogecoin

Sebagai turunan dari Litecoin, Dogecoin pertama kali diperkenalkan pada Desember 2013. Seperti namanya, anjing Shiba Inu menjadi maskot mata uang digital yang satu ini. Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa jenis kripto ini termasuk yang paling ramah. Banyak komunitas Dogecoin melakukan kegiatan amal dan donasi. Jika dibandingkan dengan Bitcoin, Dogecoin memiliki nilai yang lebih rendah.

Kelebihan Dogecoin

Sebagai salah satu jenis mata uang virtual, Dogecoin memberikan banyak keuntungan yang menguntungkan penggunanya, seperti:

  1. Pasokan dalam jumlah tak terbatas
  2. Penerbitan lebih tinggi dari Bitcoin
  3. Jenis cryptocurrency yang cukup populer
  4. Nilainya relatif stabil
  5. Biaya transaksi lebih murah
  6. Komunitas yang hebat dan ramah

Kekurangan Dogecoin

Sebelum memilih cryptocurrency yang satu ini, Anda bisa mempertimbangkan beberapa kekurangannya, antara lain:

  1. Perkembangannya relatif lambat
  2. Teknologi langka

4. Uang Bitcoin

Sama seperti Bitcoin, Bitcoin Cash juga mulai banyak digunakan. Meski namanya mirip namun kedua jenis kripto ini memiliki perbedaan. Ukuran blok Bitcoin Cash lebih besar dari Bitcoin yaitu hingga 8 MB sedangkan Bitcoin hanya 1 MB.

Hal ini tentu saja membuat Bitcoin Cash menjadi pilihan transaksi yang lebih besar lebih cepat daripada Bitcoin.

Usia Bitcoin Cash yang masih tergolong sederhana masih tergolong jarang digunakan. Ini karena nilainya yang masih rendah dibandingkan dengan Bitcoin.

Keuntungan dari Bitcoin Cash

Meski usianya tergolong muda, namun Bitcoin Cash memiliki beberapa keunggulan seperti:

  1. Memiliki kemampuan untuk menciptakan peningkatan nilai yang lebih konsisten
  2. Kecepatan transaksi yang dianggap lebih cepat dapat menguntungkan pengguna
  3. Tingkat keamanan dan perlindungan yang cukup tinggi
  4. Fitur dan tampilan lebih menarik

Kekurangan Bitcoin Cash

Seperti jenis Cryptocurrency lainnya, Bitcoin Cash juga memiliki kekurangan, seperti:

  1. Risiko kerusakan perangkat keras merupakan tantangan
  2. Belum mencapai Massa Kritis yang diperlukan untuk membuat ukuran blok lebih dari 1 Mb dengan jaringan yang baik dan stabil
  3. Adopsi tidak berdampak banyak pada sifat spekulatif Bitcoin Cash

5. Feathercoin

Feathercoin adalah jenis kripto sumber terbuka. Peter Bushnell adalah pembuat Feathercoin pertama. Dia bekerja sebagai IT Officer di Brasenose College, Oxford University pada April 2013. Crypto ini memiliki kemiripan dengan Litecoin.

Bagaimana Investasi Cryptocurrency Bekerja

Untuk memulai investasi kripto, Anda juga perlu mengetahui aplikasi investasi kripto. Bahkan, ada berbagai aplikasi kripto terbaik yang bisa Anda pilih, seperti Tokocrypto dari PT Crypto Indonesia Berkat, Rekeningku dari PT Rekeningku Dotcom Indonesia, Luno dari PT Luno Indonesia Ltd., Idex dari PT Indonesia Digital Exchange, Koinku dari PT Cipta Koin Digital, dan lain sebagainya. Namun, ini bukan satu-satunya hal yang penting untuk diketahui. Apa pun jenis investasi yang Anda pilih, pastikan Anda memahami cara kerjanya, termasuk kripto.

Ada beberapa istilah penting tentang cara kerja Bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Untuk berinvestasi dalam kripto, Anda harus tahu bagaimana kripto itu sendiri dihasilkan atau dibuat. Seperti diketahui bahwa Bitcoin merupakan kripto tertua dan terpopuler di antara jenis kripto yang ada saat ini.

Untuk menghasilkan crypto, Anda harus melakukan penambangan. Namun, Anda juga dapat memilih cara lain untuk mendapatkan crypto seperti membelinya. Atau Anda juga dapat bekerja dengan seseorang dan meminta crypto sebagai pembayaran jika memungkinkan.

Setiap orang dapat memilih investasi kripto bahkan jika mereka bukan ahli komputer. Perdagangan Crypto tidak mengharuskan Anda menjadi penambang. Dengan banyak platform investasi crypto tepercaya, Anda dapat membeli cryptocurrency yang tersedia, seperti Bitcoin, Dogecoin, dll.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan cara kerja kripto, seperti:

A. Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang terkait dengan kriptografi. Pengguna Blockchain tidak dapat terlepas dari mata uang digital. Sedikit rumit untuk memahami teknologi yang satu ini, namun sangat penting bagi Anda yang ingin berinvestasi di aset kripto.

Blockchain berisi berbagai transaksi baru dan setiap transaksi terkait dengan blok sebelumnya. Transaksi baru bahkan dapat ditelusuri ke transaksi paling awal, saat Bitcoin pertama kali dibuat.

B. Buruh tambang

Penambangan adalah proses penambangan kripto sedangkan penambang adalah istilah untuk para penambang. Penambang ini juga bisa dikatakan sebagai penjaga transaksi. Mereka akan memastikan bahwa setiap transaksi dicatat tanpa mengganggu transaksi sebelumnya. Penambang memiliki peran penting untuk dimainkan dalam menjaga sistem jaringan kripto tetap berfungsi.

C. Dompet

Wallet atau dompet kripto adalah program perangkat lunak yang menjadi kunci dalam mengirim dan menerima berbagai token kripto di jaringan blockchain. Sebenarnya yang disimpan disini hanyalah private key. Kunci pribadi ini memberikan akses kepada pemilik kripto untuk menambahkan transaksi mereka ke blockchain. Dompet juga memungkinkan pengguna untuk melihat berapa banyak crypto yang mereka miliki.

Keuntungan Investasi Cryptocurrency

Selalu pantau informasi cryptocurrency terkait pembaruan Ada apa dengan crypto hari ini? Biasanya, sebelum memulai investasi termasuk cryptocurrency, orang mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa keuntungan dari investasi kripto.

  1. Ini bersifat universal sehingga dapat diterima dan digunakan di mana saja di berbagai negara di seluruh dunia
  2. Privasi tetap terjaga, dimana tidak ada pihak yang mengetahui transaksi selain pengirim dan penerima
  3. Cepat dan akurat memberikan kemudahan dalam bertransaksi dengan proses yang cepat dan akurat
  4. Fluktuasi memungkinkan pengguna untuk mendapatkan keuntungan dari apresiasi cryptocurrency mereka

Kurangnya Investasi Cryptocurrency

Jangan terburu-buru memutuskan untuk berinvestasi kripto. Perhatikan juga kekurangan yang Anda miliki agar Anda siap dengan segala risiko investasi. Berikut adalah beberapa kerugian dari investasi cryptocurrency.

  1. Tidak semua negara memberikan izin atau legalitas untuk perdagangan mata uang kripto
  2. Cryptocurrency dapat disalahgunakan jika transaksi digunakan di pasar gelap atau pasar gelap
  3. Memerlukan perangkat yang mendukung dan relatif mahal apalagi jika dibutuhkan perangkat dengan spek tinggi
  4. Nilai yang berfluktuasi juga menjadi kekurangan crypto di mana pemiliknya dapat menderita kerugian jika nilainya turun

Kiat Investasi Mata Uang Kripto

Apakah Anda termasuk pemula yang ingin mencoba jenis investasi ini? Apa strategi bisnis investasi cryptocurrency yang tepat untuk menghasilkan keuntungan? Berikut Qoala merangkum berbagai tips dan cara berinvestasi crypto untuk pemula sebagai panduan investasi online yang bisa Anda ikuti ini.

1. Pahami Konsep Cryptocurrency Secara Akurat

Ketahui istilah-istilah yang ada dalam cryptocurrency sebelum berinvestasi di bidang ini. Pelajari juga cara berbisnis yang benar. Sebab, akan ada proses trading dan investasi di cryptocurrency.

2. Pilih Pertukaran Media Resmi

Pilih media pertukaran resmi yang terdaftar di Bappebti untuk memastikan keamanan investasi. Sejauh ini sudah ada 13 perusahaan yang terdaftar di Bappebti sebagai pedagang aset kripto.

3. Evaluasi Variabel pada Aset Kripto

Kenali jenis cryptocurrency dan cara kerjanya sebelum Anda memutuskan cryptocurrency yang ingin Anda beli. Cara termudah untuk mengetahui apa yang dapat mempengaruhi nilai mata uang kripto adalah dengan mengevaluasi aset mata uang kripto melalui web resminya. Baca lite paper atau whitepaper untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan juga mengetahui pendiri dan komunitasnya di media sosial agar Anda lebih percaya diri dengan perusahaan.

4. Lakukan Analisis Teknis Melalui Grafik Candlestick

Untuk mengetahui aksi harga aset dan menghasilkan keuntungan, Anda perlu melakukan analisis teknis. Pasalnya, cryptocurrency tidak memiliki otoritas dari institusi lain dan bergantung sepenuhnya pada penggunanya.

5. Cari tahu jumlah biaya layanan

Terdapat skema biaya pembelian dan penarikan layanan bagi trader saat melakukan transaksi cryptocurrency. Anda perlu memperhatikan besaran cost dan spread yang merupakan selisih antara harga order beli tertinggi dan harga jual terendah. Perbedaan spread ini menentukan volatilitas harga dan likuiditas di pasar.

6. Lakukan Diversifikasi Koin

Anda perlu mendiversifikasi koin Anda untuk meminimalkan risiko kemungkinan kerugian. Jadi, ketika Anda kehilangan koin A, Anda dapat dengan cepat membuat stop loss dan menghasilkan keuntungan dari aset koin B, dan seterusnya. Langkah ini juga bisa menjadi langkah preventif agar Anda bisa terhindar dari kerugian jika mata uang tersebut ambruk meski posisi beberapa mata uang saat ini sedang “upwind” dan menggoda untuk mendapatkan profit.

7. Mulailah dengan Jumlah Kecil

Seperti halnya jenis investasi lainnya, ada baiknya Anda memulai dengan jumlah kecil yang sesuai dengan kemampuan Anda. Usahakan juga menggunakan uang dingin atau uang yang tidak Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

8. Rajin Melihat Pasar Saham

Cryptocurrency memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi sehingga pergerakan nilainya dapat terjadi dengan sangat cepat. Untuk itu, sering-seringlah memantau grafik di pasar saham agar Anda mengetahui waktu yang tepat untuk membeli koin saat harga turun dan menjualnya kembali saat harga naik.

Investasi Cryptocurrency Menurut Islam

Bagi umat Islam, memilih investasi yang tepat tentu membutuhkan banyak informasi dan pertimbangan. Pasalnya, masih ada risiko investasi yang ilegal. Lalu, apakah investasi cryptocurrency halal?

Mengetahui keputusan Majelis Ulama Indonesia dalam diskusi atau bahtsul masail pada Oktober 2021, Ketua Seksi Fatwa MUI KH Asrorun Niam Sholeh mengatakan penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang legal adalah ilegal. Pembahasan PWNU ini mencakup cryptocurrency atau mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan lain-lain dalam pandangan yurisprudensi serta kajian UU No. 1/PNS/1965 tentang Penodaan Agama.

Mengapa Cryptocurrency Ilegal Sebagai Mata Uang?

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa cryptocurrency sebagai mata uang ilegal? Crypto dianggap halal dan tidak sesuai dengan syariat Islam karena cenderung banyak penipuan dan tidak ada manfaatnya. Investasi ini juga dinilai bisa memunculkan sejumlah kemungkinan yang bisa menghilangkan legalitas transaksi.

Investasi yang tidak memiliki wujud nyata alias wujud fisik, seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, Solana, Polkadot, Shiba Inu, dan lain-lain adalah gharar, dharar, qimar, dan bertentangan dengan UU No. 7 Tahun 2011 dan Peraturan Bank Indonesia No. .17. 2015.

A. Gharar atau Taghrir

Gharar adalah istilah dalam kajian hukum Islam yang berarti ketidakpastian dalam suatu transaksi akibat tidak terpenuhinya ketentuan syariah dalam transaksi tersebut. Dampak dari suatu transaksi yang mengandung gharar adalah adanya ketidakadilan pada salah satu pihak yang bertransaksi, keragu-raguan, penipuan, atau tindakan yang dimaksudkan untuk merugikan pihak lain.

B. dharar

Dharar adalah istilah dalam ilmu hukum Islam untuk transaksi atau perbuatan yang merugikan secara tidak sengaja atau perbuatan yang dapat menimbulkan kerusakan, kerugian, sehingga mengakibatkan perpindahan kepemilikan yang tidak sah.

C. Qimar

Qimar adalah kontrak samar yang biasanya digunakan untuk taruhan. Jadi, bisa dikatakan bahwa kripto sebagai mata uang adalah perjudian.

Lebih detailnya, berdasarkan informasi dari Islamic Assessment and Development Program Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Islam Indonesia, jika cryptocurrency dihukum sebagai alat tukar, maka yang berlaku adalah Bay'Sharf's Law. Intinya tidak boleh berperan ganda (alat tukar sekaligus instrumen investasi). Cryptocurrency juga tidak dapat dihukum sebagai komoditas karena tidak memiliki nilai langsung menurut 'urf (tradisi), kecuali didukung oleh aset nyata.

Padahal, suatu investasi yang halal harus memenuhi syarat-syarat syar'i sil'ah, seperti adanya bentuk fisik, memiliki nilai, mengetahui jumlah dengan pasti, hak milik, dan dapat diserahkan kepada pembeli. Namun, Majelis Ulama Indonesia juga menyatakan bahwa kripto sebagai komoditas atau aset dengan sejumlah syarat sebagai senjata dan memiliki dasar serta manfaat yang jelas tetap legal untuk diperdagangkan.

Itulah informasi tentang investasi cryptocurrency yang dapat dibagikan oleh Qoala. Untuk mulai berinvestasi dengan kripto, Anda harus memiliki pilihan jenis kripto. Selain itu, penting juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi kripto.

Hal lain yang harus dipahami dengan baik adalah bagaimana investasi cryptocurrency itu sendiri bekerja. Jika Anda tidak tahu cara kerjanya, lalu bagaimana Anda bisa memulai? Untuk memulai perdagangan, pastikan Anda juga memilih pertukaran crypto yang tepercaya dan berlisensi. Saat berinvestasi, pastikan Anda juga memiliki perlindungan yang tepat untuk kondisi keuangan Anda dari berbagai risiko. Anda bisa memiliki asuransi yang membawa banyak manfaat agar kondisi keuangan Anda tetap stabil dan terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang mencari informasi tentang crypto assets!

Belum ada Komentar untuk "Investasi Cryptocurrency: Pelajari Ini untuk Mendapatkan Pengembalian Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel