Inilah Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Mudah

  Ada banyak cara menjadi pengusaha sukses yang beredar di internet dan ditulis dalam berbagai buku. Beberapa mungkin terdengar cukup sederhana. Meski penerapannya tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun bukan berarti ada yang tidak mungkin juga. Jika dilakukan dengan benar, tentunya menjadi pengusaha sukses bukan lagi mimpi. Cara menjadi pengusaha sukses dari awal bisa dimulai dengan mengenal diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memulai usaha atau bisnis. Untuk itu, yuk simak ulasan lengkapnya bersama kami!

1. Kenali Diri Anda dan Tetapkan Tujuan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara pertama untuk menjadi pengusaha sukses adalah dengan mengenal diri sendiri dan kemudian menetapkan tujuan. Ini adalah hal mendasar yang juga menjadi kunci kesuksesan apapun. Pahami apa minat dan hobi Anda.

Tentunya akan lebih menyenangkan untuk memulai bisnis atau bisnis berdasarkan hal-hal yang Anda sukai atau yang telah menjadi passion selama ini. Setelah mengetahui hal tersebut, cara selanjutnya untuk menjadi pengusaha sukses adalah dengan menetapkan tujuan.

Anda bisa menuliskan dalam sebuah makalah atau catatan tentang tujuan dan visi misi yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Nantinya Anda bisa menentukan langkah-langkah konkrit yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

2. Dedikasikan Waktu untuk Terus Belajar

Cara menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah dengan meluangkan waktu untuk belajar. Belajar adalah investasi utama dalam memulai bisnis, bukan uang. Mulailah dengan mempelajari bagaimana pengusaha lain yang telah sukses terlebih dahulu dalam mengelola bisnisnya. Bisa juga dengan meminta dan mendengarkan masukan dan saran dari orang-orang yang berkompeten. Bahkan, Anda juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seminar kewirausahaan dan sharing dengan praktisi di bidangnya masing-masing.

Ini adalah salah satu cara untuk menjadi pengusaha sukses, dan mutlak harus dipenuhi. Karena tanpa pengetahuan yang cukup, pemilik usaha bisa menjadi tidak berdaya ketika usaha rintisannya bermasalah. Padahal, tidak pernah ada bisnis yang berjalan mulus selamanya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu belajar dengan baik dari orang yang tepat dan berpengalaman langsung.

3. Mulai Dari Usaha Kecil

Jangan terburu-buru untuk memulai bisnis besar. Ketahuilah bahwa semua bisnis besar saat ini, pada awalnya juga dimulai dari bisnis kecil. Ada banyak contoh usaha kecil yang kemudian berhasil berkembang. Salah satu tokoh terkenal yang memulai usaha kecil-kecilan adalah Ibu Susi Pudjiastuti yang juga dikenal sebagai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ibu Susi pernah mengungkapkan bahwa dirinya merintis usaha perikanan dengan modal hanya Rp750.000. Dia kemudian menjual ikan yang diperoleh di beberapa restoran. Tentu saja perjalanan bisnis Bu Susi tidak langsung dan tentu mulus, dengan kerja keras akhirnya Bu Susi berhasil mengembangkan usahanya.

Oleh karena itu, mulailah dari bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Setelah itu melalui proses pertumbuhan dan perkembangan. Nanti lambat laun akan ada hasilnya jika dilakukan secara konsisten. Menariknya, langkah ini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses yang telah dilakukan banyak orang.

4. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Banyak pemilik bisnis yang tidak mau atau bahkan tidak berani keluar dari zona nyamannya. Mencoba hal baru adalah hal yang tabu. Bahkan, keengganan ini akan membuat para pengusaha tidak bisa berkembang secara maksimal atau bahkan kalah bersaing dengan kompetitor.

Anda harus keluar dari zona aman untuk mencapai tujuan. Dengan menerapkan cara yang satu ini untuk menjadi pengusaha sukses, maka usaha kecil yang awalnya dirintis akan mampu berkembang perlahan.

Kuncinya adalah membuka mata dan menemukan hal-hal menarik, atau hal-hal baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Kemudian, berinovasi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

5. Pelajari Selera dan Kebutuhan Pasar

Bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? Salah satunya dengan melakukan riset tentang selera dan kebutuhan pasar. Dengan mengetahui selera dan kebutuhan pasar, maka pengusaha dapat mengevaluasi produknya. Misalnya dengan menjawab pertanyaan berikut:

Apakah produk yang akan diolah mampu memenuhi kebutuhan pasar?

Cara menjadi pengusaha sukses dengan mengetahui keinginan pasar, juga memungkinkan pengusaha untuk dapat mempelajari bagaimana produk pesaing dipasarkan dan mengapa produk tersebut disukai banyak orang. Nantinya, informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk mengembangkan produk sendiri.

6. Siapkan Model Bisnis yang akan dijalankan

Selanjutnya, salah satu cara lain untuk menjadi pengusaha sukses adalah dengan mempersiapkan model bisnis yang akan dijalankan. Model bisnis adalah cara termudah dan paling sederhana untuk menggambarkan bisnis yang akan dimulai. Ada beberapa model bisnis yang bisa dicoba antara lain model marketplace, model bisnis on-demand, dan affiliate marketing. Ada juga model bisnis dropship yang juga menjadi salah satu cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil.

Beberapa model bisnis lain, seperti berbasis keagenan, menyediakan layanan di area yang menyediakan dukungan untuk produk perusahaan. Misalnya seperti periklanan, jasa pengembangan sumber daya manusia, dan event. Ada juga model bisnis waralaba atau biasa disebut dengan franchise yang kini cukup populer di Indonesia. Selanjutnya ada model bisnis pabrikan, dimana pabrikan langsung menjual produk jadi kepada pelanggan. Ada juga model bisnis distributor dan retailer. Pengusaha dapat memilih model bisnis mana yang paling tepat untuk digunakan. Jadi ada banyak model dan bisa memilih yang paling relevan.

7. Siapkan Modal Usaha

Setelah menerapkan 6 cara menjadi pengusaha muda di atas, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan modal usaha. Modal juga merupakan salah satu faktor eksternal dalam memulai suatu usaha. Ada dua sumber modal usaha yang dapat digunakan oleh seorang wirausaha, yaitu:

A. Modal Swasta

Seorang wirausahawan dapat menggunakan tabungannya sebagai modal usaha pribadi. Hal ini dapat dilakukan dengan menyisihkan dana dari pendapatan dan mengumpulkannya hingga mencapai jumlah yang dibutuhkan. Namun metode ini memiliki kelemahan yaitu relatif lebih lama karena memakan banyak waktu.

Jika ingin mendapatkan modal lebih cepat juga bisa dilakukan dengan menjual beberapa aset. Hasil penjualan nantinya akan digunakan sebagai modal ventura. Pada dasarnya menjadikan modal swasta sebagai modal usaha merupakan langkah yang relatif lebih aman.

B. Mencari Pendanaan dari Investor

Jika tidak memungkinkan menggunakan modal swasta, pengusaha dapat mencari pendanaan dari investor. Dalam berinvestasi, seorang investor tentu membutuhkan kejelasan. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang wirausahawan untuk memberikan penjelasan yang singkat dan padat tentang gambaran besar bisnis yang akan dijalankan. Selain itu, jelaskan juga tentang solusi yang ditawarkan, tujuan usaha yang dijalankan, timeline, serta alasan mengapa pelaku usaha membutuhkan modal darinya.

8. Disiplin dan Terorganisir

Cara menjadi wirausaha muda yang sukses selanjutnya adalah membiasakan diri disiplin dan selalu teratur. Terkesan sepele ya? Padahal ini sangat penting dan mempengaruhi bisnis.

Pelajari disiplin untuk hal-hal yang ingin Anda capai dengan memulai dengan bagaimana melakukan segala sesuatu dengan cara yang lebih terorganisir. Misalnya, datang bekerja tepat waktu dan menyelesaikan semua pekerjaan sesuai tenggat waktu.

Hal ini penting karena sebagai modal diri dalam mengelola usaha yang akan dijalankan. Sederhananya, jika seorang pengusaha bisnis tidak bisa mengatur dirinya sendiri dan tidak mau menerapkan cara menjadi pengusaha sukses ini, bagaimana ia bisa mengatur semua elemen bisnis yang nantinya akan dirintisnya.

9. Cepat Beradaptasi dengan Keadaan

Cara menjadi wirausahawan muda sejak SMA atau usia lebih muda lainnya, bisa dimulai dengan sikap dan karakter yang cepat beradaptasi dengan keadaan. Orang yang mudah beradaptasi dengan keadaan akan cepat tanggap dan mampu melihat peluang dari berbagai kondisi. Bagi seorang wirausahawan, kemampuan melihat peluang merupakan salah satu keterampilan dasar untuk berhasil dan mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.

Selain itu, orang yang mudah beradaptasi dengan keadaan juga menjadi lebih cepat dalam mengambil keputusan yang tepat dalam situasi tertentu. Seringkali seorang pebisnis akan dihadapkan pada suatu masalah yang membutuhkan suatu keputusan yang tepat dan cepat. Oleh karena itu, tidak heran jika hal ini menjadi salah satu cara untuk menjadi pengusaha sukses.

10. Memperluas Jaringan Hubungan

Dalam dunia bisnis, networking merupakan hal krusial yang tidak dapat dipisahkan. Seorang wirausahawan tidak dapat berdiri sendiri, oleh karena itu membangun jaringan adalah salah satu cara untuk menjadi wirausaha yang sukses.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika seorang wirausahawan memiliki jaringan relasi yang luas. Dengan langkah ini, para wirausahawan mampu meningkatkan penjualan, dan menjadi solusi permasalahan bisnis, serta menambah wawasan bisnis. Selain itu, penting untuk menjaga hubungan bisnis dalam jangka panjang.

Hampir semua pebisnis akan lebih senang bekerja dengan perusahaan yang mereka cintai dan percayai sejak lama. Kemampuan seorang wirausahawan untuk mempertahankan hubungan kerja jangka panjang di industri ini akan menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan bisnis jangka panjang.

11. Rajin Membuat Catatan

Cara menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah rajin membuat catatan. Catat semua hal penting yang Anda temukan. Mulai dari nasihat berharga dari orang-orang yang berpengalaman, hingga tantangan yang dihadapi saat mengelola bisnis. Catatan ini bisa menjadi panduan jika Anda mengalami masalah tertentu di kemudian hari.

12. Pelajari Profil Risiko

Maka, mempelajari profil risiko menjadi penting dalam kiat-kiat pengusaha sukses. Mengapa ini penting? Apa itu profil risiko? Hal yang perlu dipahami adalah bahwa dalam setiap investasi selalu ada risiko. Seberapa jauh seseorang dapat menoleransi atau menanggung risiko disebut juga dengan profil risiko.

Mempelajari profil risiko akan membantu wirausahawan dalam cara mengalokasikan aset dengan benar. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi profil risiko antara lain usia, jangka waktu investasi, pendapatan, kebutuhan pendanaan, lingkungan, pemahaman dan pengalaman investor itu sendiri tentang berinvestasi.

13. Rekrutmen SDM yang Kompeten

Agar bisnis dapat berkembang dengan baik, seorang wirausahawan bisnis harus merekrut sumber daya manusia yang kompeten. Ini juga merupakan langkah mutlak yang harus dilakukan agar bisa menjadi pengusaha sukses. Lakukan teknik rekrutmen yang tepat agar Anda bisa menyaring tenaga kerja berkualitas yang nantinya akan menumbuhkan bisnis.

Tidak perlu terlalu banyak, sesuaikan saja dengan jenis dan kapasitas usaha yang dirintis. Selanjutnya akan lebih baik untuk memantau pekerjaannya secara berkala, sehingga pelaku usaha tetap mengetahui perkembangan usahanya dalam periode tertentu.

14. Investasikan Beberapa Keuntungan

Cara menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah dengan menginvestasikan sebagian dari keuntungan yang diperoleh. Investasi adalah penanaman modal untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Ada berbagai jenis instrumen investasi yang bisa dipilih, antara lain berupa saham, emas, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya ada dua jenis investasi, yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Investasi jangka pendek memungkinkan pengusaha untuk membuat keuntungan selama satu sampai tiga tahun. Dengan begitu, pengusaha bisa lebih cepat mendapat untung.

Namun, investasi jangka pendek memberikan pengembalian yang lebih kecil. Begitu pula sebaliknya untuk jenis investasi jangka panjang yang akan memberikan return yang besar, meskipun di sisi lain membutuhkan waktu yang cukup lama.

15. Jangan Cepat Puas Dengan Hasil Yang Dicapai

Cara menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah jangan cepat puas dengan hasil yang sudah didapat. Banyak pengusaha ingin bermain aman saat berbisnis. Padahal dunia bisnis bergerak dinamis. Tidak ada yang pasti karena dunia bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor.

Jika usaha rintisan telah memberikan hasil yang diharapkan, jangan cepat berpuas diri. Membuat perkembangan dan terobosan terbaru, selain terus belajar juga bisa membuat bisnis yang dijalankan tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia bisnis.

16. Ambil Asuransi untuk Perlindungan Pribadi

Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan produk asuransi. Mengambil asuransi untuk perlindungan diri merupakan cara menjadi pengusaha sukses yang perlu dilakukan. Perlu dipahami, asuransi merupakan suatu kontrak yang diwakili oleh suatu polis dan memberikan perlindungan finansial kepada tertanggung.

Saat ini bahkan tersedia berbagai jenis asuransi untuk menjalankan bisnis atau UKM. Dari asuransi bisnis rumah, asuransi kendaraan, asuransi bisnis, hingga asuransi elektronik. Ini juga merupakan cara menjadi pengusaha sukses di desa dengan memberikan perlindungan terhadap usaha yang dijalankan agar terhindar dari kebangkrutan.

17. Melakukan Evaluasi Bisnis Secara Teratur

Langkah lain yang tak kalah penting dalam menjalankan usaha atau bisnis adalah dengan melakukan evaluasi secara berkala. Bisa dimulai dengan menjadi pribadi yang selalu terbuka dengan kritik dan saran dari orang lain. Coba evaluasi kekurangan Anda saat berbisnis.

Jika demikian, maka lakukan evaluasi terhadap bisnis yang dijalankan. Temukan hambatan untuk pemasaran produk. Juga merumuskan solusi dan membuat rencana langkah bisnis selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi. Dengan demikian, akan terjadi perubahan dan perbaikan yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis.

Berikut ulasan lengkap cara menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda coba mulai sekarang. Jika setiap langkah diterapkan dengan benar, maka menjadi pengusaha sukses bukanlah sekedar mimpi. Ingat, menjadi seorang pebisnis berarti siap untuk pantang menyerah dan tetap bangkit ketika masalah datang bertubi-tubi.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel