Hati-Hati! Ada Penipuan Nama OVO dan GoPay. Lindungi Saldomu dengan 4 Tips Ini!

  Sore ini ketika saya sedang asyik menyeruput es kopi segar sambil menikmati panasnya suasana ibu kota, tiba-tiba telepon dari nomor tak dikenal masuk. Saya secara otomatis mengangkat dan menjawab panggilan dari nomor telepon yang tidak dikenal dengan suara ramah.

Ternyata, tanpa ragu, terdengar suara 'mas-mas' yang langsung memperkenalkan diri dengan nada suara yang meyakinkan, "Siang, saya dari OVO Indonesia dan ingin memverifikasi apakah ini benar-benar nomor telepon Anda 081 **** *****? . ”

Otomatis saya jawab “YA betul, ada apa?” ​​OVO atau di rekening bank anda?.”

Dari sini saya curiga, tanpa ragu saya jawab "maaf saya tidak tertarik sayang!"  

Apakah Anda juga pernah mengalami hal ini? Berita telepon memenangkan undian berhadiah? Semoga ini tidak atau tidak terjadi pada Anda. Karena sedikit cerita di atas adalah bagian dari kronologis cerita modus penipuan berkedok pembagian hadiah ratusan hingga jutaan rupiah.

Buat Anda semua pengguna dompet digital atau e-wallet seperti OVO, Go Pay. Nah, Anda harus memahami cara melindungi saldo e-wallet Anda dengan baik agar tidak tertipu. Berikut beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan mudah tergiur dengan hadiah

Tips pertama ini terkesan klise tapi harus kamu ketahui, jika kamu tidak mudah tergiur dengan hadiah maka peluang kamu untuk terhindar dari modus penipuan semakin besar. Hanya saja fakta bahwa banyak orang akan senang untuk mendapatkan hadiah gratis, terutama jika mereka mendengar jumlahnya fantastis!

Lebih meyakinkan lagi, ditambah suara penipu yang sepertinya sangat terlatih secara profesional dan dengan nada yang cepat dapat membius otak Anda untuk tergoda dan menerima hadiah tipuan.

Perlu Anda ketahui jika dari perusahaan dompet digital seperti OVO, Go-Pay atau perusahaan lainnya, jika membagikan hadiah umumnya hanya berupa potongan promo, cashback, kuis yang pastinya informasi di media sosial resmi. Tentunya tidak dilakukan pemberitahuan pemenang undian melalui telepon untuk transaksi A atau atas nama orang lain seperti apresiasi pelayanan kepada nasabah.

Ingat Guys! Penipu hari ini lebih kreatif dan dapat membenarkan cara apa pun untuk membuat Anda percaya bahwa mode hadiah berasal dari perusahaan resmi. Jadi kamu harus lebih berhati-hati dan jangan mudah tergiur dengan iming-iming hadiah!

2. Jangan Bocorkan Kode OTP/Password e-wallet

Tahukah Anda bahwa kasus penipuan e-wallet telah memakan banyak korban. Mulai dari panggilan telepon dan notifikasi hadiah berupa uang/barang, maka penipu akan langsung meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan menerima SMS NOTIFIKASI HADIAH dari pihak yang mengatasnamakan OVO atau GoPay. Isi SMS berupa kode OTP (One Time Password) yang terdiri dari beberapa nomor. Selanjutnya scammer akan meminta Anda untuk memberikan kode OTP sebagai syarat transfer hadiah ke akun OVO/Go Pay Anda.

Ingat resiko bocornya kode OTP sadis! Jika Anda membocorkan kode OTP atau memberi tahu orang lain kata sandi dompet digital Anda, ada risiko semua uang/saldo yang tersimpan di dompet elektronik dapat hilang atau hilang dalam hitungan detik. Bahaya lainnya, akun dompet digital Anda diretas dan ancaman lain bisa muncul oleh penipu seperti meminta data pribadi lainnya.

Waspadai maraknya penipuan yang mengatasnamakan perusahaan dompet digital seperti OVO dan GoPay. Ingat! Perusahaan resmi tidak pernah meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang untuk bunga apa pun.

Catatan penting yang harus Anda ingat: jangan memberikan ID pengguna, PIN, email, kata sandi email, kode sandi, OTP kepada siapa pun dengan alasan apa pun melalui percakapan telepon/SMS.

3. Pemeriksaan Izin Voting Hadiah

Jika nanti Anda tiba-tiba mendapat telepon dan menginformasikan bahwa Anda telah memenangkan hadiah fantastis berupa uang tunai, mobil, motor, smartphone, atau hadiah lainnya. Pastikan untuk mengecek keaslian kado terlebih dahulu dengan menghubungi pihak resmi seperti layanan dompet digital OVO atau Go-Pay.

Call Center OVO: 1500696, email: cs@ovo.id

Call Center Go-Pay: 1500-304, email: cs@go-pay.co.id

4. Laporkan ke e-Wallet dan Kompeten jika menjadi korban

Tips selanjutnya, jika kamu stuck atau mengalami mode cheat, segera laporkan. Ya! Anda dapat melaporkan ke pihak terkait ke perusahaan e-wallet atau bank (jika kasusnya melibatkan pembagian nomor rekening bank dan OTP). Bahkan jika perlu, Anda harus melapor ke polisi jika dana di akun OVO atau Go-Pay hilang. Intinya, Anda harus berani melapor ke pihak terkait dan bertindak cepat untuk mengatasi hal ini agar tidak rugi berkepanjangan.

Selalu Waspada, Gunakan e-wallet dengan hati-hati

Kehadiran dompet digital jelas membuat semua transaksi menjadi lebih praktis, cashless dan tentunya membuat Anda senang ketika banyak cashback, promo dan diskon. Tapi ingat, Anda juga perlu berhati-hati dengan modus penipuan dengan iming-iming hadiah ratusan hingga jutaan tetapi hasilnya malah Anda kalah. Tidak hanya itu, penggunaan e-wallet atau dompet digital dengan cermat juga penting agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan e-wallet dan mendapatkan banyak keuntungan dari transaksi nontunai.


Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati! Ada Penipuan Nama OVO dan GoPay. Lindungi Saldomu dengan 4 Tips Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel