Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Perlu Anda Ketahui

  Tertarik berinvestasi emas? Pastikan Anda tahu cara membedakan emas asli dan palsu agar tidak salah pilih. Bagaimana cara membedakannya? Pastikan kamu tidak ketinggalan ulasan menarik dari kami berikut ini.

Emas telah lama menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan karena memiliki nilai jual yang stabil dan cenderung terus naik. Emas yang digunakan sebagai investasi reguler berupa emas batangan atau perhiasan yang memiliki kandungan emas lebih dari 98% atau sampai dengan 24 karat.


Sayangnya, saat ini banyak beredar emas palsu di pasaran. Jenis emas ini biasanya dicampur dengan bahan kuningan sehingga kualitas dan kandungan karat emas rendah. Oleh karena itu, sebelum membeli, Anda harus mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu secara manual agar bisa mendapatkan emas terbaik untuk investasi.

Emas merupakan salah satu logam mulia yang dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan dan tidak akan tergerus oleh inflasi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), harga emas terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2000, harga emas masih di kisaran Rp 71.875 per gram. Namun pada tahun 2007 sudah mencapai Rp 206.667. Tidak hanya itu, pada tahun 2010 harga emas sudah mencapai Rp 360.000 per gram dan pada tahun 2020 harga emas sudah mencapai Rp 800.000 per gram.

Data menunjukkan bahwa berinvestasi emas bisa mendatangkan keuntungan besar di masa depan. Namun, harga tinggi hanya berlaku jika Anda tahu cara membedakan emas asli dan palsu dengan cara dibakar atau cara lain untuk mendapatkan emas asli. Pasalnya, jika salah memilih emas, alih-alih untung, malah bisa tersandung dan mengalami kerugian besar.

Sebelum memutuskan untuk membeli emas, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu cara membedakan emas asli dan palsu sebagai berikut.

1. Perhatikan Bagian Fisik Emas

Cara termudah dan paling sering digunakan untuk membedakan emas asli dan emas palsu adalah dengan memperhatikan ciri fisik emas yang ingin Anda beli. Biasanya emas asli dan murni memiliki cap atau tanda untuk menentukan kadar emasnya.

Pada emas batangan atau emas serpihan, kadar emas menggunakan satuan kehalusan (1-999 atau 0,1-0,999). Selain menggunakan satuan kehalusan, cara membedakan emas asli dan palsu berupa perhiasan biasanya menggunakan satuan karat seperti 10k, 18k, dan 24k.

Sayangnya, saat ini banyak sekali emas yang juga mencantumkan stempel kandungan emas palsu. Oleh karena itu tidak cukup hanya menggunakan cara ini saja tetapi anda juga bisa menggunakan cara lain diantaranya cara membedakan emas asli dan palsu dengan cuka atau cara lain yang lebih akurat.

2. Gosok Emas Menggunakan Jari

Cara lain yang juga bisa Anda gunakan untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggosok permukaan emas dengan jari sebelum membelinya. Jika setelah dioleskan di area tertentu warnanya berubah atau memudar, bisa dipastikan itu emas palsu.

Emas asli, tidak akan berubah warna bila digosok dengan jari atau benda lain. Bahkan emas asli jika dibakar pada suhu rendah tidak akan berubah warna. Hal ini karena emas murni memiliki warna yang solid dan bukan hanya lapisan luarnya saja.

3. Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu dengan Bite

Pernah melihat seorang atlet Olimpiade menggigit medali emasnya? Ya, cara ini biasanya digunakan untuk menentukan apakah medali yang didapatnya asli atau tidak. Tak hanya untuk mengecek keaslian medali, beberapa orang juga menggunakan teknik unik ini sebagai cara membedakan kalung emas asli dan palsu dengan cara digigit.

Pada dasarnya, emas adalah logam lunak yang dapat dengan mudah dibentuk menjadi berbagai perhiasan. Semakin tinggi tingkat karatnya, semakin lembut tekstur emasnya saat digigit. Emas asli biasanya akan meninggalkan bekas jika digigit. Sebaliknya, jika emas yang Anda gigit memiliki tekstur yang sangat keras dan tidak meninggalkan bekas gigitan, kemungkinan besar emas tersebut palsu.

Meski merupakan salah satu cara membedakan emas asli dan palsu yang cukup populer, namun cara ini tidak bisa Anda gunakan untuk semua jenis emas. Cara ini biasanya hanya digunakan untuk mengecek keaslian emas yang berbentuk batangan, kepingan atau koin saja. Sedangkan untuk perhiasan, cara ini kurang dianjurkan karena dapat mengubah bentuk dan merusak perhiasan itu sendiri.

4. Coba Dekatkan Emas ke Magnet

Selain memperhatikan warna emas asli dan palsu, Anda juga bisa menggunakan magnet untuk mengecek keaslian emas. Emas adalah salah satu jenis logam mulia yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Jadi jika Anda ingin tahu apakah emas Anda asli atau tidak, coba dekati magnetnya dan lihat apakah Anda tertarik atau tidak.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menyiapkan magnet dengan kekuatan yang cukup besar. Kemudian arahkan magnet ke emas yang ingin Anda periksa. Jika tertarik oleh magnet, kemungkinan besar itu adalah emas palsu.

Meski cukup efektif, namun cara ini tidak bisa digunakan untuk mengecek perbedaan antara emas asli dengan jaminan keaslian 100 persen. Pasalnya, saat ini banyak jenis logam lain yang juga memiliki sifat nonmagnetik. Jadi jika emas yang Anda miliki tidak tertarik dengan magnet, ada baiknya tetap mengecek dengan cara lain agar hasilnya lebih valid.

5. Gores Emas ke Keramik atau Kertas

Menggores emas pada keramik atau kertas juga dapat digunakan sebagai cara untuk membedakan antara emas asli dan tembaga. Emas asli biasanya tidak akan meninggalkan bekas atau bekas jika digoreskan di atas kertas atau keramik. Sedangkan pada jenis logam lainnya akan meninggalkan goresan.

Cara ini cukup ampuh untuk membuktikan keaslian emas jika dibandingkan dengan memperhatikan bau emas asli yang sulit dibedakan. Namun perlu Anda ketahui, bahwa cara ini memiliki risiko merusak permukaan emas. Jadi jika Anda ingin mencoba cara ini, pastikan melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak bentuk emasnya.

6. Coba Tetes Cairan Asam

Jika ingin cara yang lebih profesional, Anda juga bisa menggunakan cairan asam atau cuka untuk menguji apakah emas tersebut asli atau palsu. Cara menguji emas dengan cairan rumah ini bisa dilakukan dengan meneteskan asam nitrat pada permukaan emas. Jika setelah diteteskan terjadi reaksi berupa perubahan warna menjadi hijau, maka dapat dipastikan emas tersebut palsu.

Asam nitrat dapat mengubah warna permukaan emas berdasarkan bahan pelapis yang digunakan. Jika diteteskan berubah warna menjadi seperti warna susu, berarti emas itu dilapisi dengan perak. Namun jika setelah ditetesi cuka tidak ada reaksi berarti emas tersebut asli.

Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengecek keaslian perhiasan yang Anda miliki saat ini. Dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah, Anda bisa memastikan apakah emas yang Anda miliki asli atau tidak. Beberapa toko perhiasan terpercaya biasanya juga menawarkan cara cek emas ubs asli atau palsu dengan cairan asam ini untuk meyakinkan calon pembeli.

7. Tinjau Dokumen Sertifikat Emas

Emas asli pasti didukung dengan sertifikat untuk membuktikan keasliannya. Oleh karena itu, ketika ingin membeli emas, pastikan Anda memiliki sertifikat. Saat ini, banyak orang dengan sengaja membuat sertifikat emas palsu yang seolah-olah menunjukkan bahwa emas itu asli. Jika tidak diteliti, bukan tidak mungkin Anda bisa tertipu olehnya.

Cara membedakan emas putih asli dan palsu melalui sertifikat ini cukup mudah dilakukan. Untuk mengetahui apakah sertifikat emas itu asli atau palsu, cukup letakkan di bawah sinar ultraviolet saja. Pada sertifikat asli, akan ada garis-garis kecil berwarna-warni seperti pada uang kertas. Ada juga blok hijau di setiap deskripsi detail sertifikat. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa watermark logo perusahaan percetakan adalah sertifikat asli.

8. Pemeriksaan Kepadatan Emas

Salah satu cara paling valid untuk mengetahui apakah emas asli atau tidak adalah dengan memeriksa kepadatannya. Emas merupakan logam yang memiliki kerapatan yang sangat tinggi. Hampir tidak ada jenis logam lain yang dapat menandingi kepadatan emas. Jadi semakin tinggi densitas logam, semakin murni kandungan logam mulia tersebut.

Langkah-langkah Pemeriksaan Keaslian Emas

Cara mengecek keaslian emas menggunakan cara ini lebih mudah. Ikuti langkah ini.

  1. Siapkan segelas air
  2. Masukkan emas dengan cara digantung menggunakan seutas benang
  3. Lihat apakah ada perbedaan air sebelum dan sesudah emas dimasukkan.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan rumus untuk menghitung kepadatan, yaitu massa dibagi volume. Jika hasilnya mendekati 19 gram per mililiter, maka bisa dipastikan emas tersebut asli. Dibandingkan dengan uji keaslian emas asli jika dibakar, cara ini lebih akurat.

Angka Kepadatan Emas

Sebagai panduan, berikut adalah angka kepadatan emas berdasarkan karatnya:

  1. Emas 14k = 12,9 - 14,6 gram/mililiter
  2. 18k kuning = 15,2-15-9 gram/ml
  3. 18k putih = 14,7 - 16,9 gram/ml
  4. 22 k = 17,7 - 17,8 gram/ml

Meski terlihat mudah, namun cara ini membutuhkan ketelitian yang baik untuk mengukur densitas emas dengan benar. Jika Anda tidak melakukannya dengan hati-hati, hasilnya mungkin tidak akurat. Namun dibandingkan hanya mengecek kode emas asli, cara ini memiliki hasil yang lebih valid dan akurat untuk memastikan keaslian emas tersebut.

9. Cek Langsung ke Toko Emas

Jika Anda sudah melakukan semua cara membedakan emas asli dan palsu di atas namun masih belum yakin dengan hasilnya, melakukan pemeriksaan langsung ke toko emas bisa menjadi solusi terbaik. Cara ini lebih praktis serta mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Untuk melakukan pengecekan, Anda hanya perlu datang ke toko emas terdekat yang menyediakan jasa tes keaslian emas. Kemudian penjaga toko akan memeriksa menggunakan alat khusus yang mereka miliki. Tidak perlu menunggu lama, karena hasilnya akan keluar dalam beberapa menit.

Selain 9 cara di atas, sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk membedakan emas asli dan palsu. Yang terbaru, saat ini sudah ada aplikasi CertiEye yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian emas khusus bagi pembeli emas Antam. Selain praktis, cara ini juga dapat memastikan emas yang Anda beli adalah asli dengan cara memindai barcode yang tertera pada setiap produk emas batangan dari Antam.

Perlu hati-hati, saat ini bukan hanya emas palsu. Namun, banyak orang terkadang sulit membedakan antara emas dan kuningan. Hal ini dikarenakan emas dan kuningan memiliki warna yang sama sehingga sulit untuk dibedakan. Ada baiknya jika Anda berniat membeli emas, pastikan Anda juga mengetahui cara membedakan cincin emas dan kuningan asli agar tidak mengalami kerugian.

Cara Membedakan Emas Asli dan Kuningan

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membedakan emas dan kuningan asli, antara lain:

1. Emas Asli Memiliki Kilau Lebih Tajam Dari Kuningan

Salah satu cara membedakan emas asli dengan kuningan adalah dengan memperhatikan kilapnya. Emas asli biasanya lebih berkilau jika dibandingkan dengan kuningan. Sedangkan kuningan memiliki warna yang lebih gelap dan kusam jika dibandingkan dengan emas.

2. Gosok dengan Keramik

Cara lain yang juga bisa Anda gunakan untuk membedakan emas dan kuningan asli adalah dengan mengoleskannya pada keramik. Emas asli akan meninggalkan bekas emas pada permukaan keramik, sedangkan kuningan akan meninggalkan bekas hitam pada permukaan keramik.

3. Emas Tidak Bereaksi Terhadap Asam

Selain digunakan sebagai cara membedakan emas asli dan palsu, cairan asam juga bisa digunakan untuk membedakan emas dan kuningan. Emas asli tidak bereaksi jika dijatuhkan dengan cairan asam, sedangkan kuningan jika terkena cairan asam akan bereaksi dengan munculnya gelembung-gelembung kecil.

4. Emas Memiliki Harga Yang Jauh Lebih Mahal Dari Kuningan

Cara membedakan emas dan kuningan lebih lanjut bisa Anda perhatikan dari harga yang ditawarkan. Emas memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kuningan. Saat ini harga emas murni sudah mencapai level Rp 900.000 per gram. Sedangkan kuningan memiliki harga yang jauh lebih murah, yakni sekitar Rp 500.000 untuk satu kilogramnya. Jadi jika Anda ditawari emas dengan harga yang jauh dari harga standar, sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi emas palsu atau bisa juga kuningan.

Berinvestasi emas memang bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Tak heran jika saat ini semakin banyak orang yang memilih emas sebagai salah satu pilihan investasi jangka panjangnya. Namun, sebelum membeli, pastikan membeli emas asli di tempat yang terpercaya seperti Antam atau lembaga keuangan yang menawarkan investasi emas. Agar lebih percaya diri, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi cek emas asli seperti CertiEye untuk mengecek keaslian emas Antam.

Itulah ulasan menarik seputar cara cek keaslian emas yang perlu Anda ketahui. Dengan membeli emas asli, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena harga emas asli cenderung selalu naik dari tahun ke tahun. Jadi pastikan untuk mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu serta cara membedakan emas murni dengan kuningan agar tidak salah pilih dan berakhir dengan kerugian.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel