Apa itu Akun Virtual? Ini Arti dan Cara Kerjanya

   Disaat ini, perkembangan bisnis berbasis teknologi seperti e-commerce atau bisnis online dalam beberapa tahun terakhir terlihat sangat pesat. Sudah banyak orang mungkin sering melakukan transaksi jual beli online melalui berbagai situs e-commerce, atau bahkan salah satunya sebenarnya sudah merintis atau memiliki bisnis online.

Seiring dengan berkembangnya bisnis online ini, tentunya sistem pembayaran transaksi jual beli juga akan ikut berkembang. Salah satu sistem pembayaran yang paling populer digunakan oleh berbagai perusahaan adalah virtual account (VA). VA sendiri merupakan nomor identifikasi pelanggan suatu perusahaan yang biasanya dibuat oleh pihak bank atas permintaan perusahaan untuk mempermudah proses transaksi.

Apa Itu Akun Virtual

Sederhananya, pengertian akun virtual sendiri adalah akun buatan yang hanya virtual atau tidak benar-benar nyata. Umumnya, dalam VA ada ID milik pelanggan yang dibuat oleh bank tertentu. Dalam membuat virtual bank account ini tentunya perusahaan dapat meminta langsung dari pihak bank untuk bertransaksi.

Selain itu, dalam setiap transaksi, konsumen nantinya akan mendapatkan ID yang biasa disebut dengan nomor VA atau nomor virtual account. Dalam transaksi selanjutnya, setiap konsumen juga akan mendapatkan nomor VA yang berbeda dan unik. Tidak hanya itu, nomor VA juga akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Cara Kerja Akun Virtual

Berbeda dengan metode pembayaran transfer bank yang harus dilakukan secara manual, mulai dari memasukkan nomor rekening bank tujuan, nominal transfer, hingga konfirmasi pembayaran berupa foto struk transfer atau screenshot bukti transfer, penggunaan virtual account jauh lebih banyak. efisien.

Oleh karena itu, baik pembeli maupun penjual dapat bertransaksi dengan cepat dan mudah. Pasalnya, penjual hanya perlu memberikan nomor virtual account ID kepada nasabah, sedangkan nasabah hanya perlu memasukkan nomor tersebut saat melakukan pembayaran, baik melalui mesin ATM maupun mobile/internet banking. Setelah pembayaran dilakukan, transaksi akan dicatat secara otomatis.

Singkatnya, berikut cara kerjanya saat Anda bertransaksi dengan pelanggan:

  1. Penjual memberikan nomor ID sebagai nomor tujuan transfer kepada pelanggan
  2. Setiap nomor virtual account akan langsung berhubungan dengan pelanggan
  3. Setelah pembayaran diterima, informasi transaksi akan dikirimkan kepada penjual sehingga penjual dapat segera mengidentifikasi siapa pembeli yang telah melakukan pembayaran.

Fitur Akun Virtual

Secara umum, virtual account menyediakan berbagai fitur yang mendukung perannya sebagai metode pembayaran yang mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia.

1. Tetap vs. Tidak Tetap

Akun Virtual Tetap sering dikaitkan dengan entitas yang merupakan pembeli akhir. Sedangkan untuk Non-Fixed Virtual Account biasanya dikaitkan dengan invoice.

2. Terbuka vs. Tertutup

Jika Open Virtual Account bisa menerima nominal berapapun. Sedangkan Closed Virtual Account hanya dapat menerima pembayaran yang telah ditentukan secara khusus. Untuk Akun Tetap, pedagang dapat mengatur akunnya sebagai "terbuka" atau "tertutup" saat memberikannya kepada pelanggan akhir.

3. Tunggal vs. Beberapa Penggunaan

Single Use Virtual Account hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi. Sedangkan Multiple Use Account dapat digunakan untuk beberapa kali pembayaran selama akun masih berlaku. Fitur ini hanya tersedia pada Fixed Virtual Account, karena untuk Non Fixed Virtual Account merupakan tipe Single Use.

4. Validitas

Uniknya, VA memiliki masa kadaluarsa. Jika VA habis, maka pembeli tidak bisa lagi membayar dengan rekening tersebut. Validitas ditentukan pada saat pembuatan.

Manfaat Akun Virtual untuk Bisnis

Seiring berkembangnya dunia e-commerce, proses pembayaran transaksi juga terus berkembang, kehadiran virtual account (VA) salah satunya. VA adalah rekening bank tidak berwujud yang dapat digunakan untuk pembayaran.

VA biasanya merupakan nomor ID pelanggan yang dihasilkan oleh bank atas permintaan perusahaan untuk melakukan transaksi. Untuk setiap transaksi, pelanggan akan dirujuk ke ID akun virtual yang disebut nomor akun virtual. Jika Anda cermati, digit depan tidak selalu sama untuk setiap transaksi.

Virtual account ini berbeda dengan transfer bank. Anda tidak perlu lagi meminta screenshot bukti transfer karena transaksi akan terkonfirmasi secara otomatis, lalu apa saja keuntungan pembayaran VA untuk bisnis? Simak komentar berikut:

1. Lebih Praktis untuk Pembukuan

Secara umum, semua bank penyedia layanan VA akan merinci secara rinci dan real time di rekening giro semua pembayaran yang berhasil melalui VA. Nomor, nama virtual account, bank, dan nominal biaya yang dibayarkan akan terlihat dan dapat diunduh pada formulir laporan. Layanan ini pasti akan membantu Anda dalam rekonsiliasi karena akses laporan transaksi yang tercatat lengkap dan jelas.

2. Memudahkan Pelanggan Melakukan Pembayaran

Keuntungan lain menggunakan VA sebagai alat pembayaran adalah pelanggan tidak perlu memiliki rekening bank tertentu atau sama dengan penjual. Hal ini tentunya sangat memudahkan para pelaku bisnis online karena tidak jarang pelanggan enggan mengeluarkan biaya lebih untuk biaya transfer antar bank. Saat ini, dengan metode VA, nasabah dapat melakukan transfer dari bank manapun, baik melalui ATM, m-banking maupun i-banking.

Tentunya layanan VA ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selama Anda terhubung dengan koneksi internet, transaksi VA dapat dilakukan baik melalui m-banking maupun internet banking dari ponsel Anda. Hal ini tentunya sangat membantu dalam mempermudah transaksi keuangan Anda.

Selain kemudahan lainnya, setiap pembayaran yang dilakukan melalui VA akan secara otomatis diidentifikasi langsung oleh sistem. Jika Anda bertransaksi sebagai pelanggan, Anda tidak perlu lagi mengkonfirmasi penjual secara manual dengan menunjukkan bukti transaksi, karena sistem akan mengidentifikasi uang yang masuk menggunakan nomor VA Anda. Jika Anda bertransaksi sebagai penjual, Anda juga tidak perlu lagi mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan oleh pelanggan tersebut.

3. Transaksi Lebih Aman

Penyebaran kejahatan siber dalam urusan keuangan semakin meresahkan. Jika Anda membocorkan nomor rekening untuk tujuan transfer manual — bahkan untuk tujuan bisnis — ada kemungkinan nomor rekening tersebut dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Risiko ini dapat dimitigasi jika Anda menggunakan akun virtual, terutama jika Anda memilih jenis akun virtual non-fixed. Oleh karena itu, nomor virtual account nonfixed hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi.

Dengan kata lain, setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran, nomor tersebut tidak dapat digunakan lagi. Bahkan jika di kemudian hari pelanggan yang sama berbelanja di tempat Anda, maka dia akan mendapatkan nomor virtual account yang berbeda.

Perbedaan antara Akun Virtual dan Transfer Manual

Setelah membahas apa itu virtual account, kali ini kita akan membahas perbedaan antara virtual account dengan transfer manual atau regular account.

Meskipun telah ada selama belasan tahun terakhir, akun virtual adalah konsep baru bagi masyarakat umum. Alhasil, banyak yang menyamakan transaksi virtual account dengan regular account.

Meskipun ada beberapa perbedaan signifikan antara akun virtual dan transfer manual, berikut perbedaannya.

Dalam Hal Penggunaan Internet

Saat menggunakan rekening biasa, ada dua cara yang paling umum untuk bertransaksi, yaitu dengan menyetor atau menerima uang tunai melalui teller atau melalui ATM. Kedua jenis transaksi ini memiliki kelemahan yang serupa. Transaksi via teller mengharuskan Anda datang langsung ke bank. Sedangkan jika melalui ATM, Anda harus mencari ATM terdekat sesuai dengan rekening bank.

Namun, Anda tidak perlu kemana-mana jika menggunakan virtual account (VA). Anda hanya perlu menginstal aplikasi m-banking di ponsel Anda, membeli barang, memilih pembayaran melalui (VA), dan memasukkan kode pembayaran VA ke dalam fitur m-banking. Pembelian produk secara online melalui internet juga berhasil.

Dalam Ketentuan Layanan

Selanjutnya dari segi pelayanan, pengguna VA melakukan self service (pelayanan kepada diri sendiri). Hal ini tentunya berbeda dengan Anda yang datang ke bank kemudian semua kebutuhan dilayani oleh teller.

Cara kerja VA adalah menghasilkan kode otomatis bagi pengguna yang ingin bertransaksi secara online. Jika ingin transaksi berhasil, pengguna VA harus melakukan self service dengan memasukkan kode sesuai petunjuk pembayaran.

Dari segi Alur Transaksi

Cara kerja akun virtual lebih rumit daripada akun biasa, karena Anda harus menangani pembayaran sendiri. Namun, selama informasi alur transaksi yang diberikan jelas dan lengkap, Anda tidak akan kesulitan melakukan pembayaran melalui VA.

Dalam Hal Pencatatan Transaksi

Pernah mengalami kesulitan kehilangan bukti pembayaran melalui rekening biasa? Hal ini tidak akan terjadi pada Anda jika bertransaksi dengan akun VA.

Setiap kode yang dibuat oleh akun virtual adalah kode unik yang hanya dapat digunakan oleh satu orang. Jadi, saat melakukan pembayaran melalui VA, pihak bank akan langsung mengetahui pengirimnya adalah Anda.

Cara Membayar Menggunakan Akun Virtual

Memilih metode pembayaran melalui virtual account adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, selain lebih mudah dan praktis, pembayaran transaksi melalui metode ini juga sangat aman. Berikut pembayaran melalui VA yang dapat dilakukan melalui berbagai Bank di Indonesia.

1. Rekening Bank Virtual BCA

Anda dapat melakukan pembayaran melalui VA Bank BCA dengan transfer ATM, transfer KlikBCA, dan transfer m-BCA. Namun untuk VA BCA hanya bisa dibayar menggunakan rekening BCA saja. Anda bisa mengikuti Panduan VA Bank BCA untuk mengetahui detail prosedurnya.

Melalui ATM BCA

  1. Masukkan kartu ATM BCA & PIN
  2. Pilih transaksi lain
  3. Pilih transfer
  4. Pilih Virtual Account BCA
  5. Masukkan nomor Virtual Account BCA
  6. Masukkan jumlah yang ingin Anda bayar
  7. Validasi pembayaran Anda
  8. Pembayaran selesai

Melalui BCA Mobile (m-BCA)

  1. Masuk ke aplikasi BCA Mobile
  2. Pilih m-BCA
  3. Masukkan kode akses m-BCA
  4. Pilih m-Transfer
  5. Pilih BCA Virtual Account
  6. Masukkan nomor Virtual Account BCA
  7. Masukkan PIN m-BCA
  8. Pembayaran selesai

Melalui KlikBCA Perorangan

  1. Masuk ke aplikasi ClickBCA Individual
  2. Masukkan ID Pengguna dan PIN
  3. Pilih transfer dana
  4. Pilih transfer ke BCA Virtual Account
  5. Masukkan nomor Virtual Account BCA
  6. Masukkan jumlah yang ingin Anda bayar
  7. Validasi pembayaran
  8. Pembayaran selesai

Melalui Bisnis ClickBCA

  1. Masuk ke aplikasi ClickBCA Business
  2. Pilih Transfer Dana> Daftar Transfer> Tambah
  3. Masukkan nomor Virtual Account BCA Anda dan submit
  4. Pilih untuk mentransfer dana ke Akun Virtual
  5. Pilih akun sumber pendanaan dan BCA Virtual Destination Account
  6. Masukkan jumlah yang ingin Anda bayar
  7. Validasi pembayaran
  8. Pilih transfer dana> Otorisasi transaksi
  9. Pilih transaksi yang ingin Anda otorisasi
  10. Pembayaran selesai

Melalui M-BCA (Menu Simcard)

  1. Pilih m-Banking
  2. Pilih m-BCA
  3. Pilih m-pembayaran
  4. Pilih yang lain
  5. Ketik TVA
  6. Masukkan nomor Virtual Account BCA, lalu masukkan PIN
  7. Validasi pembayaran dan masukkan jumlah pembayaran
  8. Pembayaran selesai

2. Virtual Account Bank Mandiri

Untuk Bank Mandiri, Anda dapat melakukan pembayaran dengan VA Bank Mandiri melalui transfer ATM, transfer iBanking dan transfer melalui mBanking. Adapun langkah detailnya bisa Anda baca di Panduan VA Bank Mandiri berikut ini.

Melalui ATM Mandiri

  1. Pilih menu Bayar/Beli
  2. Pilih menu Lainnya
  3. Pilih menu Multi Pembayaran
  4. Masukkan Nomor Kode Pembayaran Perusahaan / Agensi (70002)
  5. Masukkan Kode Pedagang (264)
  6. Masukkan 8 digit Nomor Kode Pembayaran
  7. Periksa kembali detail transaksi
  8. Transaksi selesai

Melalui e-Banking

  1. Pilih Bayar, lalu pilih Multipayment
  2. Pilih Doku di menu Penyedia Layanan
  3. Masukkan Kode Pedagang (264)
  4. Masukkan 8 digit Nomor Kode Pembayaran di kolom ID/Kode Bayar
  5. Periksa kembali detail transaksi Anda
  6. Transaksi selesai

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat virtual account ini untuk toko online Anda, silahkan hubungi Bank Mandiri.

3. Rekening Bank Virtual BRI

Saat ini, Bank BRI juga telah menyediakan layanan pembayaran melalui VA. Untuk Bank BRI, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking dan transfer mBanking. Anda bisa mengikuti panduan VA Bank BRI untuk mendapatkan detail prosedur berikut ini.

Melalui ATM

  1. Pilih menu "Transaksi Lainnya"
  2. Kemudian pilih menu "Lainnya"
  3. Kemudian pilih menu "Pembayaran"
  4. Klik opsi "BRIVA"
  5. Masukkan Nomor Virtual Account BRI (Contoh 26215-xxxxxxxxxxxx) dan tekan "Benar"
  6. Lain kali muncul konfirmasi pembayaran, tekan "Ya" jika semua data sudah benar
  7. Transaksi berhasil

Melalui Mobile Banking

  1. Masuk ke perbankan seluler
  2. Tekan menu "Pembayaran"
  3. Kemudian pilih menu "BRIVA"
  4. Masukkan nomor virtual account BRI dan jumlah pembayaran
  5. Masukkan nomor PIN
  6. Tekan "OK" untuk melanjutkan transaksi
  7. Transaksi berhasil
  8. Setelah beberapa saat, Anda akan menerima SMS konfirmasi

Melalui Internet Banking

  1. Buka website internet banking BRI
  2. Masuk dengan memasukkan ID Pengguna dan Kata Sandi Anda
  3. Pilih di menu "Pembayaran"
  4. Kemudian pilih menu "BRIVA"
  5. Kemudian pilih akun Pembayar
  6. Masukkan Nomor Virtual Account BRI Anda (Contoh 26215-xxxxxxxxxxxx)
  7. Kemudian, masukkan nominal yang harus dibayar
  8. Masukkan kata sandi dan Mtoken
  9. Transaksi berhasil

4. Virtual Account Bank BNI

Bank BNI juga memberikan layanan VA untuk memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran. Melalui VA Bank BNI, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking, transfer mBanking dan transfer melalui SMS Banking. Penjelasan dan langkah detailnya bisa Anda baca di panduan VA Bank BNI berikut ini.

Melalui ATM BNI

  1. Datang ke ATM BNI terdekat
  2. Masukkan kartu, pilih bahasa dan ketik 6 digit PIN ATM
  3. Pilih menu Lainnya
  4. Pilih Transfer lalu pilih jenis rekening yang ingin Anda gunakan (mis. Tabungan)
  5. Pilih Penagihan Akun Virtual dan masukkan 16 digit nomornya. Jumlah yang harus dibayar akan muncul di layar konfirmasi
  6. Jika sesuai, lanjutkan transaksi dan simpan bukti transfer.

Melalui Mobile Banking BNI

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking melalui handphone
  2. Isi ID pengguna dan kata sandi
  3. Setelah terbuka, pilih menu Transfer dan tekan opsi Penagihan Akun Virtual
  4. Pilih rekening debet lalu pilih input baru dan masukkan 16 digit nomor rekening virtual
  5. Jumlah tagihan akan muncul di layar. Konfirmasi dan masukkan Kata Sandi Transaksi
  6. Pembayaran selesai.

Melalui iBank Personal

  1. Buka browser dan akses ibank.bni.co.id
  2. Isi kolom ID pengguna dan kata sandi
  3. Pilih menu Transfer dan klik opsi Virtual Account Billing
  4. Masukkan nomor virtual account tujuan dan pilih akun yang ingin digunakan untuk pembayaran
  5. Jumlah tagihan akan muncul di layar konfirmasi. Jika cocok, lanjutkan dengan transaksi
  6. Masukkan token atau Kode Otentikasi Token
  7. Jika transaksi berhasil, Anda akan menerima notifikasi.

Selain menggunakan cara di atas, pembayaran virtual rekening BNI dari rekening BNI juga dapat dilakukan dengan menggunakan SMS banking atau dengan mengunjungi cabang BNI terdekat.

Lantas, bagaimana cara membayar rekening BNI virtual dari bank lain? Pembayaran tetap dapat dilakukan oleh pemegang rekening non-BNI. Bisa dengan menggunakan layanan mobile banking atau internet banking dari bank terkait, atau dengan datang langsung ke cabang BNI terdekat untuk melakukan setoran.

Jika Anda ingin melakukan pembayaran virtual rekening BNI melalui mobile banking non bank BNI, caranya adalah:

  1. Buka aplikasi mobile banking, masukkan user ID dan password
  2. Pilih Transfer dan tekan opsi Transfer Online Antar Bank
  3. Pilih Bank BNI atau masukkan kode Bank BNI yaitu 009
  4. Ketik 16 digit nomor akun virtual di kolom akun tujuan
  5. Masukkan jumlah yang harus dibayar. Jika salah memasukkan nominal maka transaksi tidak dapat diproses
  6. Konfirmasi transaksi lalu tekan 'Ya' untuk melanjutkan.

5. Rekening Bank Permata Virtual

Jika Anda nasabah Permata Bank, Anda dapat melakukan pembayaran tagihan melalui VA. Anda dapat membayar transaksi melalui transfer ATM Permata, transfer Internet Banking dan transfer Mobile Banking. Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah pembayaran pada panduan VA Permata Bank untuk mendapatkan fasilitas pembayaran.

Melalui ATM Permata

  1. Silahkan pilih menu Transaksi Lainnya. Setelah itu klik menu Transfer lalu klik menu Rek NSB Lain Permata
  2. Masukkan nomor akun dengan nomor Virtual Account dan pilih True
  3. Kemudian masukkan jumlah nominal transaksi sesuai dengan tagihan yang dibebankan kepada Anda. Kemudian pilih Benar
  4. Kemudian pilih akun Anda. Harap tunggu hingga konfirmasi pembayaran muncul.
  5. Kemudian pilih Ya

Melalui Internet Banking

  1. Silahkan login internet banking lalu pilih Menu Pembayaran
  2. Kemudian pilih submenu Pembayaran Tagihan dan klik Virtual Account
  3. Silakan pilih akun Anda dan masukkan nomor akun dengan nomor Virtual Account dan klik Lanjutkan
  4. Masukkan jumlah nominal tagihan pada bagian Total Pembayaran sesuai dengan invoice yang Anda ajukan. Kemudian klik Kirim
  5. Harap tunggu sampai Anda menerima SMS notifikasi berisi KODE. Kemudian, masukkan KODE
  6. Proses transfer internet banking telah selesai

Melalui Mobile Banking

  1. Silahkan login ke mobile banking milik Permata Bank
  2. Kemudian klik Menu Pembayaran Tagihan dan pilih Menu Virtual Account
  3. Kemudian pilih Faktur Anda dan pilih Daftar Faktur Baru
  4. Masukkan nomor rekening dengan nomor Virtual Account sebagai Billing Number. Setelah selesai, silakan klik Konfirmasi
  5. Masukkan Nama Pengingat lalu klik Lanjutkan. Setelah selesai, silakan klik Konfirmasi
  6. Masukkan jumlah nominal invoice sesuai dengan invoice. Setelah selesai, silakan klik Konfirmasi
  7. Masukkan Kode Respon dan klik Konfirmasi setelah selesai
  8. Proses transfer selesai

6. Rekening Bank Virtual CIMB

Anda juga bisa menggunakan virtual account di bank yang berdiri sejak tahun 1955 ini. Nasabah yang memiliki rekening Bank CIMB dapat melakukan pembayaran melalui ATM dan Octo Click.

Melalui ATM CIMB

  1. Pilih menu Pembayaran, lalu pilih Lanjutkan. Kemudian, pilih Akun Virtual
  2. Masukkan nomor Virtual Account atau Kode Pembayaran Anda
  3. Pilih rekening debet
  4. Nomor, Nama Virtual Account, dan jumlah tagihan akan ditampilkan di layar
  5. Harap periksa kembali detail tagihan Anda dan pilih OK untuk melakukan pembayaran
  6. Konfirmasi pembayaran akan muncul di layar
  7. Transaksi selesai

Melalui Okto Klik

  1. Pilih menu Bayar Tagihan atau Bayar Tagihan
  2. Pilih Akun Sumber dan Jenis Pembayaran, lalu pilih Akun Virtual
  3. Masukkan Nomor Virtual Account atau Kode Pembayaran Anda
  4. Nomor, Nama Virtual Account, dan jumlah tagihan akan ditampilkan di layar
  5. Periksa kembali detail tagihan, lalu masukkan mPIN 6 digit dan tekan tombol Kirim
  6. Konfirmasi pembayaran akan muncul di layar
  7. Transaksi selesai

7. Maybank Virtual Account

Bagi Anda nasabah Maybank tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa bertransaksi dengan Virtual Account. Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ATM BII Maybank, transfer Internet Banking dan transfer Mobile Banking. Adapun langkah-langkahnya, silakan cek Panduan Virtual Account Maybank berikut ini.

Melalui ATM Maybank

  1. Pilih menu Pembayaran/Kredit Topup
  2. Pilih menu Akun Virtual
  3. Masukkan nomor rekening dengan Nomor Virtual Account atau Kode Pembayaran Anda dan pilih True
  4. Konfirmasi pembayaran muncul di layar. Silakan periksa kembali detail pembayaran
  5. Masukkan nominal sesuai tagihan. Pilih Benar
  6. Transaksi selesai

Melalui Internet Banking

  1. Masuk ke akun Internet Banking Anda di https://m2u.maybank.co.id
  2. Pilih Pembayaran Tagihan Lainnya
  3. Pilih Akun dan Transaksi. Kemudian pilih Maybank Virtual Account
  4. Masukkan nomor rekening dengan Nomor Virtual Account. Kemudian, masukkan nominal tagihan
  5. Masukkan Token SMS (TAC), lalu klik Setuju
  6. Transaksi selesai
8. Akun Virtual Hana Bank

Untuk Hana Bank, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ATM KEB Hana dan transfer Internet Banking. Untuk lebih jelasnya, silakan baca Panduan Virtual Account Bank Hana.

Melalui ATM KEB Hana

  1. Silahkan pilih Menu Pembayaran. Kemudian klik Menu Lainnya
  2. Kemudian pilih menu Virtual Account
  3. Masukkan nomor akun dengan nomor Virtual Account dan pilih True
  4. Silahkan tunggu sampai muncul konfirmasi pembayaran, lalu pilih True

Melalui Internet Banking

  1. Silakan login internet banking dengan akun Anda
  2. Kemudian pilih Menu Pembayaran. Kemudian pilih Biller Others dan IONPAY Providers
  3. Masukkan nomor akun dengan nomor Virtual Account dan klik Kirim
  4. Pilih Nomor Rekening dan masukkan kata sandi di kolom No. Pin Kartu Debit. Kemudian klik Kirim
  5. Harap tunggu konfirmasi pembayaran muncul
  6. Kemudian klik tombol Kirim

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Akun Virtual? Ini Arti dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel