Investasi Apa Modal Di Bawah Rp 10 Juta?

  Berinvestasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan finansial. Baik itu membeli rumah, biaya nikah, naik haji, bahkan dana liburan pun bisa disiapkan melalui kegiatan investasi.

Investasi dapat dilakukan dalam investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang. Periode ini disesuaikan dengan tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan.



Berikut adalah investasi untuk pemula dengan modal di bawah Rp 10 juta:

1. Investasi Emas

Investasi emas masih menjadi produk investasi favorit banyak orang. Bagaimana tidak, instrumen investasi ini bisa memberikan banyak keuntungan sekaligus, yakni nilainya relatif stabil, potensi keuntungan 10-12% per tahun, mudah dijual kembali, dan banyak lagi.

Anda bisa berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan emas, emas batangan, logam mulia. Berdasarkan metodenya, investasi emas offline sama halnya dengan investasi emas online.

Investasi emas logam mulia, harga emas Antam misalnya sekitar Rp 900 ribu per gram. Sedangkan investasi emas online di e-commerce adalah investasi modal kecil kurang dari Rp 10 ribu saja.

Investasi modal kecil bisa menjadi keuntungan besar bila Anda berinvestasi emas dalam jangka panjang. Tidak menutup kemungkinan harga emas dalam 10 tahun ke depan akan terus naik, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar saat Anda menjualnya kembali.

2. Investasi pada obligasi pemerintah

Produk investasi lainnya dengan modal kurang dari Rp 10 juta adalah obligasi investasi atau surat berharga. Khususnya obligasi pemerintah seperti ORI dan surat berharga lainnya yaitu SBR, Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan, dan lain-lain.

Jadi, ada yang konvensional dan syariah. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Untuk modal investasi, obligasi pemerintah cukup murah, mulai dari Rp 1 juta.

Kini obligasi pemerintah dijual secara online melalui e-SBN. Manfaat berinvestasi pada obligasi pemerintah yaitu pokok dan kupon (return) dijamin oleh negara sehingga tidak ada risiko gagal bayar. Risiko minimal, cocok untuk investasi pemula tipe konservatif.

3. Investasi Pinjaman P2P

Investasi P2P lending adalah investasi atau pembiayaan dalam platform fintech lending peer to peer atau dikenal dengan aplikasi pinjaman online. Sederhananya, investor yang melakukan pendanaan disebut lender yang kemudian menyalurkan dananya kepada peminjam yang membutuhkan.

Jika Anda ingin berinvestasi di P2P lending, pilihlah yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari penipuan atau investasi bodoh. Modal investasi P2P lending mulai dari Rp 100 ribu dengan keuntungan hingga 18% per tahun.

4. Investasi saham

Investasi saham adalah kegiatan penanaman modal dalam bentuk pembelian saham (surat berharga) perusahaan. Jadi, dengan membeli saham perusahaan, Anda menjadi pemilik perusahaan.

Investasi saham online menjadi pilihan investasi saham saat ini. Cukup mendaftar melalui aplikasi perdagangan saham online sekuritas yang diinginkan, setor uang, dan Anda sudah bisa berdagang saham.

Modal atau setoran awal investasi saham berbeda untuk setiap sekuritas. Namun ada juga yang menawarkan modal investasi saham mulai dari Rp 100 ribu.

Manfaat investasi saham bagi investor antara lain memperoleh dividen, keuntungan dari capital gain, dan hak untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Namun, berinvestasi di saham berisiko tinggi.

5. Investasi bersama

Reksa dana merupakan salah satu instrumen penyertaan modal di bawah Rp 10 juta. Tepatnya bisa mulai dari Rp 100 ribu.

Reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai dengan profil risikonya, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Masing-masing memiliki tingkat risiko dan pengembalian yang berbeda.

Investasi bersama sangat ideal untuk pemula. Mereka yang pengetahuan investasinya masih dangkal, belum memiliki keterampilan menghitung risiko investasi, karena pengelolaan dana diserahkan kepada Manajer Investasi (MI).

Manajer Investasi yang akan mengelola dana yang Anda investasikan di reksa dana, sehingga dapat memberikan imbal hasil yang maksimal.

Mulai Berinvestasi Sekarang!

Punya uang menganggur saja Rp 1 juta atau Rp 5 juta, bukan halangan untuk investasi. Investasi kini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan modal minim. Tidak hanya terbatas hanya orang kaya saja yang bisa berinvestasi.

Investasi online hari ini menawarkan berbagai pilihan dengan modal koin. Asalkan ada niat, dan tindakan nyata, Anda bisa mulai berinvestasi di usia muda. Investasikan mulai sekarang, untuk menikmati hasil yang luar biasa untuk masa depan finansial yang lebih baik.


Belum ada Komentar untuk "Investasi Apa Modal Di Bawah Rp 10 Juta?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel