Cara Agar Hp Android Tidak Lemot Saat Main Game

 Saat kita baru saja membeli perangkat Android, tentunya kita tidak akan mengalami kendala apapun saat menjalankan aplikasi atau bermain game. Tapi seiring waktu. Perangkat akan mulai terasa lambat meskipun tidak jarang mengalami lag atau kerusakan saat bermain game.

Hal ini sangat wajar karena semakin lama kita menggunakan Android, maka biasanya semakin banyak aplikasi dan game yang diinstal. Banyaknya aplikasi dan game pasti akan memakan banyak RAM dan juga meninggalkan banyak cache sehingga membuat kinerjanya menurun.

Nah, kali ini kami akan mengulas cara agar Android lemot, baik saat bermain game maupun saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Cara berikut ini sangat mudah dan Anda juga tidak perlu mengarungi terlebih dahulu.

Cara Agar Android Tidak Lambat Saat Bermain Game

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selama ini, kita mungkin berasumsi bahwa jika aplikasi lama tidak lagi digunakan tidak akan menjadi masalah jika dibiarkan di smartphone atau tablet Android. Hal ini tentu benar, tetapi akan lebih baik jika kita menghapus aplikasi tersebut sehingga dapat memberikan ruang kosong untuk aplikasi lain.

Menghapus atau menguninstall aplikasi tidaklah sulit. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Pengaturan> Aplikasi, lalu buka aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu tekan tombol instal. Pada beberapa jenis smartphone juga bisa kita lakukan dengan cara menekan dan menahan icon aplikasi, lalu geser ke icon tempat sampah.

Sebelum menghapus aplikasi, pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di dalamnya seperti dokumen, data game, ebook dan lain-lain. Jika ada, silakan mulai terlebih dahulu agar dapat digunakan kembali di kemudian hari.

Dengan menghapus berbagai aplikasi ini, sekarang ada banyak ruang yang dapat Anda gunakan untuk menginstal aplikasi lain. Anda juga dapat dengan mudah menginstal aplikasi nanti. Jika aplikasi tersebut adalah aplikasi berbayar, Play Store juga akan mengingatnya sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi.

2. Bersihkan Cache

Hampir semua aplikasi akan melakukan cache untuk berbagai keperluan. Biasanya, berbagai aplikasi ini akan menjaga agar file cache-nya tidak menjadi lebih besar dengan menghapus cache lama yang sudah tidak digunakan lagi. Sayangnya, terkadang ada aplikasi yang tidak berjalan normal sehingga cache yang lama tidak terhapus.

Jika situasinya seperti itu, maka secara otomatis kita perlu menghapusnya secara manual. Caranya buka dulu menu Setting > Apps lalu buka aplikasi disana. Setelah dibuka, Anda akan melihat ukuran cache aplikasi.

Jika ukuran cache dianggap tidak normal atau terlalu besar, maka Anda dapat langsung menghapusnya dengan menekan tombol "Hapus Cache". Setelah proses pembersihan aplikasi mungkin sedikit lambat saat membuka kembali untuk pertama kali. Ini sangat umum karena aplikasi akan membuat cache dari awal.

Selain cara agar Android lambat, Anda juga dapat menggunakan trik pembersihan cache ini jika ada masalah dengan aplikasi. Membersihkan cache juga sangat aman karena tidak akan menghapus data pribadi, preferensi, dll yang terdapat dalam aplikasi. Selain itu, ada banyak cara lain untuk menghapus cache Android seperti yang diulas di artikel ini.

3. Hapus file yang tidak perlu

Seperti disebutkan di atas, menghapus aplikasi dapat membuat ruang kosong baru di memori yang sangat berguna. Nah, ruang kosong ini juga bisa kita dapatkan dengan cara menghapus file-file yang tidak penting atau sudah tidak digunakan lagi.

Jika kita ingin meluangkan waktu untuk memeriksa berbagai folder di memori internal atau eksternal, tentu kita akan menemukan banyak file yang tidak berguna lagi. Untuk mencari file kita bisa menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer dan lain-lain.

Berbagai file yang tidak terpakai biasanya ada di folder download, bluetooth, dll. Berbagai file lain seperti peta offline dan cache video online Anda juga harus dihapus jika tidak lagi digunakan. Untuk lebih melegakan, Anda juga dapat menghapus pesan SMS, WhatsApp, atau email lama.

Anda juga dapat menghapus berbagai jenis foto jika Anda jarang mengaksesnya. Tetapi Anda juga dapat mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud jika Anda ingin foto disimpan dengan aman. Silakan pilih salah satu dari 5 penyimpanan cloud teratas saat ini.

4. Gunakan Aplikasi Khusus

Selain menggunakan berbagai cara manual di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkannya secara langsung. Ada banyak aplikasi di Play Store yang bisa membersihkan cache, menghapus aplikasi yang tidak digunakan, bahkan mematikan aplikasi yang membuat perangkat Android panas.

Aplikasi pertama yang cukup andal adalah CCleaner. Aplikasi yang juga populer di kalangan pengguna PC ini dapat menghapus file sampah alias file sampah yang sudah tidak digunakan lagi sehingga akan mengosongkan ruang penyimpanan. Aplikasi ini dapat melakukan ini secara otomatis sehingga Anda tidak perlu repot menghapusnya satu per satu.

Aplikasi selanjutnya adalah Master Clean. Selain bisa menghapus file sampah, aplikasi ini juga bisa mematikan aplikasi yang membuat Android lebih lambat dan bisa membuat RAM lebih lega. Setelah menggunakannya, Anda pasti akan merasakan peningkatan kinerja pada smartphone atau tablet Android Anda.

Aplikasi terakhir yang bisa kamu coba adalah

Pembersih. Aplikasi ini dapat menghapus file sampah, cache, bahkan riwayat panggilan dan SMS. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menjadwalkan proses pembersihan pada waktu-waktu tertentu saja. Menariknya, aplikasi ini juga akan menampilkan berapa kapasitas memori yang akan Anda temukan setelah proses pembersihan.

5. Pastikan untuk selalu Update Game

Setiap aplikasi dan game di ponsel Anda akan terus diperbarui atau diperbarui. Nah, tips selanjutnya agar kamu tidak ketinggalan saat memainkan gamenya adalah pastikan kamu sudah mengupdate game tersebut dengan versi terbaru. Sebab, jika tidak update, kemungkinan game akan mengalami lag.

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Hp Android Tidak Lemot Saat Main Game"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel