Begini Cara Memulai Bisnis Kuliner Hari Ini Semua Anda Bisa Makan Untuk Pemula

  The all you can eat food business (AYCE) menjadi semakin populer seiring dengan semakin populernya drama Korea di Indonesia. Budaya memasak daging langsung di tempat dengan berbagai pilihan lauk seperti di drama Korea membuat restoran AYCE semakin menjamur di banyak tempat.

Jika sebelumnya restoran AYCE hanya ada di mall-mall besar atau di lokasi elite dengan harga yang mahal, kini AYCE bisa ditemukan di banyak tempat dengan harga yang sangat terjangkau bahkan terkadang dengan rasa makanan yang lebih enak.


Tak hanya itu, pilihan jenis makanan yang dijadikan menu utama AYCE juga lebih beragam. Jika sebelumnya hanya buffet, grill dan shabu-shabu, kini menu AYCE lebih beragam seperti AYCE sushi, ramen, ice cream, yogurt dan masih banyak lagi.

Anda Bingung Mencari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Perhatikan solusinya!

Tips Memulai Bisnis Kuliner AYCE dengan Benar

Nah bagaimana, sudah tertarik untuk mencicipi bisnis kuliner AYCE ini? Jika demikian, sebelum Anda mulai membaca tips ini, biarkan bisnis AYCE lebih sukses dan lancar:

1. Temukan Lokasi Strategis

Apapun bisnisnya, lokasi menjadi salah satu penentu terbesar kesuksesan sebuah bisnis termasuk bisnis AYCE ini. Untuk bisnis AYCE, usahakan semaksimal mungkin dengan mencari lokasi yang benar-benar dipinggir jalan.

Usahakan lokasinya dekat dengan area perkantoran atau kampus. Atau bisa juga merupakan kawasan yang sering dikunjungi untuk nongkrong atau yang sudah dikenal sebagai tempat wisata kuliner.

2. Pilih Menu AYCE yang Tepat dengan Getaran dari Lokasi yang Dipilih

Kalau di lokasi sudah banyak resto fast food atau resto AYCE lainnya. Anda tetap bisa mengusung konsep bisnis AYCE namun dengan menu yang berbeda. Misal jika sudah banyak restoran cepat saji dengan kategori heavy food, Anda bisa memilih menu AYCE untuk dessert seperti AYCE ice cream atau yogurt, bisa juga mini cake atau jajanan lokal.

Selain itu, Anda juga dapat menentukan menu AYCE berdasarkan restoran AYCE yang ada di lokasi Anda akan membuka usaha. Jika restoran AYCE memiliki menu daging, Anda bisa memilih AYCE sushi atau ramen.

3. Tawarkan Berbagai Paket Harga Menarik

Salah satu hal menarik yang dapat menarik banyak pelanggan adalah beragamnya pilihan paket yang menarik. Misalnya paket harga hanya untuk AYCE grill atau shabu-shabu atau keduanya. Nah, untuk menambah variasi, Anda bisa menambahkan paket harga makanan non AYCE bagi masyarakat yang tidak menikmati konsep makan AYCE yang dibatasi waktu namun tetap bisa merasakan suasananya.

Misalnya paket grill dan shabu 1-2 orang atau 3-4 orang di mana Anda menawarkan berapa banyak dan jenis daging apa untuk paket tersebut beserta topping dan minumannya. Dengan ini, pelanggan menjadi lebih nyaman dalam memilih jenis paket makanan apa yang tepat untuk mereka.

4. Pilih Menu Lauk Yang Menarik

Daya tarik utama restoran AYCE tidak hanya menu utama. Namun juga beragam menu pendamping atau lauk pauk yang dimiliki.

Biasanya untuk restoran AYCE dengan konsep grill dan shabu selain memiliki berbagai jenis daging, mereka juga memiliki beberapa menu pendamping seperti nasi, bakso ikan, bakso udang, stik kepiting, mie, aneka sayur, gorengan hingga kimchi.

Anda bisa mengikutinya atau menambahkan beberapa varian lainnya seperti kulit ayam goreng, ayam karage, sushi, jajanan lokal, tteoppokki, odeng, es krim, puding, panacota atau buah-buahan.

5. Tetapkan harga yang sudah banyak digunakan

Ada beberapa kategori harga AYCE sesuai dengan jenis menunya, yaitu:

  1. AYCE Grill: 000-Rp100.000
  2. Ayce Shabu: Rp80.000- Rp120.000
  3. Ayce Grill and Shabu: Rp99.000 - Rp 180.000
  4. Ayce Sushi: Rp150.000 - Rp250.000
  5. Prasmanan Ayce: Rp200.000 - Rp350.000

Harga tersebut merupakan harga umum yang umum digunakan, namun perlu diperhatikan bahwa harga tersebut belum tentu digunakan oleh setiap restoran AYCE yang ada. Karena itu perlu disesuaikan kembali dengan pajak, target konsumen dan lokasi. Jadi harganya bisa lebih mahal atau lebih murah jika ada promo tertentu.

Jadi pilihlah harga yang sesuai dengan kualitas makanan, pelayanan, lokasi dan fasilitas yang ditawarkan restoran di restoran Anda nantinya.

6. Pilih Batas Waktu Makan yang Sesuai

Batas waktu adalah elemen terpenting dalam konsep bisnis kuliner ayce. Karena batas waktu yang tepat adalah kunci baik tidaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan. Secara umum, restoran Ayce akan menerapkan batas waktu mulai dari 90-120 menit. Tapi ada juga yang sampai 2-3 jam.

Itu tergantung pada harga dan lokasi serta jenis AYCE. Prasmanan dan sushi biasanya merupakan jenis Ayce yang menyediakan rentang waktu makan yang cukup lama. Sedangkan grill dan shabu biasanya paling pendek mulai dari 60 menit hingga maksimal 120 menit.

7. Siapkan Paket Menu Bawa Pulang, Pesan Antar dan Siap Masak

Memulai bisnis berarti siap menghadapi perubahan dan memiliki keberanian untuk beradaptasi dengan perubahan dan tren. Misalnya di musim pandemi seperti ini membuat lebih banyak orang memilih menu makanan yang bisa disantap di rumah.

Berdasarkan situasi tersebut, berarti Anda harus bisa menyiapkan strategi untuk mengatasinya agar bisnis dapat terus berjalan dengan lancar, salah satunya dengan berinovasi dengan menu makanan. Jika dulu hanya menyediakan menu ayce, coba buat menu untuk dibawa pulang, diantar bahkan dibekukan untuk dimasak oleh pelanggan di rumah.

8. Tempatkan Menu Termurah di Tampilan Depan/Tampilan

Salah satu trik yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis ayce adalah bagaimana membuat pelanggan makan lebih banyak lauk pauk sebanyak mungkin sebelum meminta menu utama terus menerus dalam batas waktu tertentu.

Misalnya, jika Anda membuka usaha panggangan dan shabu AYCE sebelum mengeluarkan daging dan memanaskan panggangan, biasanya pelanggan akan mengambil beberapa lauk untuk menunggu sampai juru masak siap dan dagingnya dikeluarkan.

Nah, karena lauk biasanya menu yang paling murah, usahakan untuk meletakkan lauk di posisi yang paling mudah dilihat pelanggan agar lebih mudah dijangkau dan diambil. Dengan mengambil lebih banyak lauk atau topping daripada daging, Anda bisa mendapatkan keuntungan karena menu yang lebih murah lebih banyak dikonsumsi.

9. Siapkan Alat yang Sederhana tapi Berfungsi Dengan Baik

Jika Anda membuka usaha Ayce untuk menyasar konsumen, pekerja dan mahasiswa, lokasi dan alat yang disediakan tidak harus terlalu mewah, apalagi jika harga yang ditawarkan berkisar antara Rp90-Rp100 ribu tidak apa-apa menggunakan alat makan dan peralatan masak yang sesuai. tidak terlalu mewah asalkan berfungsi dengan baik.

Misalnya, peralatan makan seperti gelas, sendok, garpu dan piring tidak harus terbuat dari keramik dan stainless steel terbaik. Beli saja jenis yang biasa Anda temukan di tempat makan. Untuk peralatan masak anda tinggal membeli kompor gas portable biasa yang penting tidak mudah rusak.

Karena ketika ayce kebanyakan orang lebih fokus pada makan dan memasak jadi pasti kurang memperhatikan bahan dan kualitas seperti apa yang diberikan. Yang penting tetap bersih dan pastikan untuk memeriksa setiap alat sebelum memberikannya kepada pelanggan.

10. Memiliki Tempat Parkir yang Cukup

Pilih lokasi yang bisa menampung minimal 2-4 mobil untuk parkir. Hal ini dikarenakan biasanya orang yang ingin makan di resto ayce datang dalam jumlah minimal 2-5 orang sekali masuk.

Nah, biasanya orang-orang ini menggunakan mobil atau sepeda motor yang jumlahnya lebih dari 2 sepeda motor. Jadi, tidak hanya makanan dan harga saja yang bisa menarik pelanggan, akses dan area parkir juga bisa mempengaruhi.

Rentang Modal Memulai Bisnis Kuliner AYCE

Sebelum menyiapkan modal, tentunya Anda harus mengetahui detail harga makanan, peralatan makan, peralatan masak, bangku dan meja yang ingin Anda sediakan di restoran agar bisa menyiapkan modal yang sesuai.

Berikut daftar harga tableware yang biasanya tersedia di restoran AYCE:

  1. Garpu/sendok plastik melamin: Rp7000-Rp10.000 per unit
  2. Sumpit plastik melamin: Rp15.000- Rp18.000 per bungkus (5 pasang)
  3. Piring plastik melamin: Rp9000 - Rp15.000 per unit
  4. Piring daging plastik melamin: Rp18.000 - Rp25.000 per unit
  5. Set buffet stainless steel untuk lauk pauk: Rp210.000 - Rp400.000
  6. Makanan capitan stainless steel: Rp15.000 - Rp18.000
  7. Sendok sup stainless steel untuk shabu-shabu: Rp16.000-Rp30.000
  8. Freezer box untuk topping : Rp2 juta - Rp5 juta
  9. Showcase 2 pintu daging : Rp3 juta - Rp5 juta
  10. Dispenser air minum Rp200.000 - Rp1 juta

Dari daftar alat saja Anda setidaknya harus bisa menyiapkan dana, minimal sekitar Rp5 juta. Belum lagi membeli makanan seperti daging, sayuran, topping beku, minuman, dan makanan lainnya untuk lauk pauk dan sambal/saus untuk daging. Kira-kira untuk makanan saja Anda bisa merogoh kocek sekitar Rp1-3 juta per hari.

Jika dihitung untuk bisnis AYCE, setidaknya Anda harus memiliki modal sekitar Rp10 juta di awal dimana biaya tersebut bukan biaya sewa tempat dan karyawan belum untuk kejadian tak terduga. Jadi cobalah untuk merencanakan dengan matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memulai.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Memulai Bisnis Kuliner Hari Ini Semua Anda Bisa Makan Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel