Aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang Bisa Kita Gunakan!

 Membayar pajak merupakan kewajiban wajib bagi seluruh warga negara Indonesia. Warganegara yang baik membayar cukainya tepat pada masanya.



Walau bagaimanapun, cukai tidak hanya dibayar. Terdapat banyak jenis cukai, salah satunya yang sering kita bayar ialah VAT, PPh, dan cukai kenderaan bermotor. Untuk membayar sebahagian daripada cukai ini, anda pastinya tidak akan mengira cukai setiap kali.

Oleh itu, beberapa aplikasi ada di sini untuk dapat menunjukkan jumlah cukai yang perlu anda bayar, bukan. Lebih-lebih lagi bagi kenderaan bermotor yang mempunyai pelbagai jenis yang tersendiri. Berikut adalah senarai beberapa aplikasi semakan cukai kenderaan yang boleh anda gunakan.

1. Aplikasi Samsat Online

Permohonan ini boleh membantu anda untuk mengesahkan STNK Tahunan, Pembayaran Cukai Kenderaan Bermotor (PKB), dan Bayaran Caruman Wajib Dana Kemalangan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Ini boleh dilakukan kerana data daripada pangkalan data, kenderaan bermotor milik Polis Negara, sistem maklumat cukai kenderaan bermotor yang diuruskan oleh setiap wilayah, dan pangkalan data induk penduduk yang terdapat di Ketua Pengarah Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri.

Jadi, data sedia ada disepadukan secara nasional ke dalam aplikasi dengan jenis platform mudah alih. Jadi, mereka boleh memberikan perkhidmatan kepada masyarakat secara digital sambil membantu semua pihak berkaitan membantu menyemak dan membayar cukai kenderaan.

2.  Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi cek pajak kendaraan ini dapat membantu Anda untuk mengecek status pajak serta nomor polisi kendaraan bermotor. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa cek wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengunduhnya dan memilih provinsi tempat kendaraan Anda terdaftar dan memasukkan plat nomor kendaraan Anda.

Nantinya, Anda akan mendapatkan informasi seperti detail kendaraan, tanggal akhir STNK, tanggal akhir pajak, dan juga jumlah pajak yang harus Anda bayar. Padahal, jika Anda pernah menunggak pajak, Anda juga akan tahu berapa denda yang harus dibayarkan.

3. Aplikasi Cek Pajak Motor

Aplikasi cek kendaraan ini masih tergolong baru. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk mengetahui status pajak kendaraan, tidak hanya sepeda motor tetapi juga mobil.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mengetahui data kendaraan, seperti alamat dan nomor polisi kendaraan Anda. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui tagihan pajak dari kendaraan Anda.

Tidak hanya satu nomor polisi, tetapi juga dapat menggunakan banyak nomor polisi untuk memeriksa banyak kendaraan.

4. Aplikasi SAMBARA

Masih sama dengan aplikasi cek pajak kendaraan, namun hanya berlaku untuk anda yang berdomisili di Jawa Barat. Aplikasi SAMBARA yang dikelola oleh Pemprov Jabar ini bisa digunakan untuk cek pajak kendaraan bermotor di wilayah Jabar.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat menampilkan status pajak kendaraan, mengetahui lokasi Samsat di Jawa Barat, dan juga melakukan pembayaran pajak secara online. Jadi, Anda hanya perlu memasukkan nomor plat kendaraan Anda dan nantinya informasi pajak kendaraan akan langsung muncul.

5. Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Pindah ke Jawa Tengah bisa menggunakan aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG. Ini adalah aplikasi yang dikelola langsung oleh PSI -BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Aplikasi ini dibuat untuk melakukan pembayaran pajak melalui Samsat online atau e-Samsat. Jadi, Anda tidak perlu datang langsung ke kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan Anda.

Tidak hanya informasi perpajakan, Anda juga akan mendapatkan beberapa informasi penting seperti Informasi Status (Blok) Kendaraan Bermotor, Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor, Pencarian Lokasi beberapa layanan masyarakat di sekitar Jawa Tengah seperti Kantor SAMSAT, ATM, Layanan Raharja Kantor, Kantor Polisi, Lokasi Rumah Sakit/Klinik/Dokter.


Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang Bisa Kita Gunakan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel